Wednesday, April 24, 2013

DHARMAPUTRA WINEHSUKA





"Ra Kuti dan Ra Semi, serta 5 orang pendekar pilihan telah diangkat sebagai Dharmaputra, pasukan elit pelindung raja Majapahit. Ketujuhnya bersumpah dalam kalimat suci 'Satya Bela Bakti Prabu'. Kesetiaan, pembelaan, serta bakti kepada raja. Tapi rupanya Jayanegara adalah raja yang bodoh dan tidak paham arti kalimat tersebut serta menghinakan kesuciannya. Perlahan tapi pasti, Ra Semi mulai meragukan kalimat suci yang menjadi sumpahnya itu, sementara itu Ra Kuti tetap mempercainya sebagai prinsip kebenaran sejati..."

So Badass
Komik ini merupakan salah satu karya komikus lokal. Pertama kali membaca komik ini saya terpana melihat gambarnya. Memiliki ciri khas tersendiri berupa arsiran-arsiran yang menghasilkan gambar yang menakjubkan. Kok bisa ya? Ceritanya juga tidak kalah keren dengan mengambil latar belakang kerajaan Majapahit.
Bercerita tentang zaman Majapahit dimasa pemerintahan Jayanegara, seorang raja yang dianggap bodoh dan tidak layak memimpin. Kelemahan Jayanegara dimanfaatkan oleh Halayudha, seorang senopati yang licik. Halayudha memfitnah mahapatih Nambi telah melakukan pemberontakan yang sebenarnya tidak pernah ada.
Ra Kuti sebagai salah satu anggota Dharmaputra Winehsuka berusaha mencegah niat Halayudha, namun Jayanegara malah memberikan kekuasaan penuh kepada Halayudha.
Sementara itu Ra Semi salah satu anggota Dharmaputra Winehsuka yang bertugas menemani mahapatih Nambi menjadi kecewa dengan Jayanegara. Dari awal dia sudah meragukan Jayanegara sebagai raja dan berniat untuk membalasnya.
Terjadilah pertempuran hebat untuk membasmi pemberontakan, namun Ra Semi terlalu kuat untuk dihadapi pasukan Majapahit. Ra Semi ibarat telah menjelma menjadi monster yang haus darah dan tidak kenal lelah hingga memakan banyak korban prajurit. Para anggota Dharmaputra Winehsuka menghadapi dilema karena mereka harus menghadapi Ra Semi, anggotanya sendiri. Hanya Ra Kuti yang bisa menandinginya. Segera Ra Kuti turun tangan untuk mengadu ilmu kedigjayaan melawan Ra Semi dengan hati terpaksa. Pertarungan sengit yang luar biasa pun terjadi antara sesama anggota Dharmaputra Winehsuka.
Dalam komik ini adegan laga di gambarkan dengan baik, sedikit mengingatkan dengan komik Hongkong namun tidak lebay ala Tony Wong. Saya begitu puas membaca komik ini karena memiliki gambar bagus, cerita bagus dan membawa konten sejarah lokal didalamnya. Tapi ada juga kekurangan komik ini yaitu kurang panjang dan masih penasaran dengan endingnya.

Nilai = 9.5/10
Pengarang  = Alex Irzaqi
Gambar = Alex Irzaqi
Jumlah Buku = 1 (tamat)
Penerbit = M&C (Koloni)
Tahun terbit di Indonesia = 2010
Jenis = Adventure, Historical, Martial Arts
DQ Review Komik


Contoh Gambar

No comments:

Post a Comment