Thursday, March 22, 2012

IBU & AKU





"Mitake Tsubaki itu ibuku. Seorang penulis yang terkenal berlidah tajam. Tiap ibu melontarkan opininya yang keras di televisi, telepon di rumah berdering-dering menyampaikan protes. Kucabut saja kabel teleponnya kalau sudah begitu. Tapi dibalik pendiriannya yang 'kolot' itu, tersimpan keindahan hati yang tiap orang ingin 'mencuri' darinya..."

Mitake Tsubaki kerap dijadikan panelis dalam acara TV karena gaya bicaranya yang selalu blak-blakan. Dirinya tidak segan-segan mengatakan sesuatu itu jelek atau bodoh seperti tentang sepatu boot bersol tebal. Akibatnya telpon protes pun berdatangan ke rumahnya, membuat anak tunggalnya Tamaki Tsubaki kelabakan memberikan penjelasan. Tamaki sendiri baru lulus dari universitas tapi belum mendapat pekerjaan. Sementara ini Tamaki bekerja menjadi pembantu di rumahnya sendiri.
Karena tidak didukung ibunya mendapat pekerjaan, Tamaki menjadi kesal, dia pergi berbelanja dengan memakai sepatu bersol tebal yang dianggap sepatu bodoh oleh ibunya. Ternyata memang benar pendapat Mitake, Tamaki kesulitan berjalan dan merasakan sakit dikakinya, dia pun terjatuh dan terluka. Melihat kaki Tamaki yang terluka, Mitake sudah bisa menduga kalau Tamaki jatuh karena menggunakan sepatu bodoh. Tamaki yang sedih karena dikatakan bodoh oleh ibunya sendiri langsung mengurung diri dikamar. Setelah situasi tenang, Mitake bicara didepan pintu kamar Tamaki, menasehati Tamaki agar tidak mudah menyerah mencari pekerjaan. Keduanya pun akhirnya saling menyadari kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Komik ini bercerita tentang hubungan ibu dan putrinya. Mitake Tsubaki seorang orang tua tunggal dan bekerja sebagai penulis. Sedangkan putrinya Tamaki Tsubaki baru saja lulus kuliah dan masih mencari pekerjaan. Karya tulis yang dibuat Mitake sering kali menyoroti tingkah laku keseharian Tamaki tanpa disadari Tamaki. Terkadang mereka pun terlibat keributan kecil. Sungguh cerita tentang keluarga yang lucu dan hangat.

Nilai = 8.5/10
Pengarang  = Junko Ono
Gambar = Junko Ono
Jumlah Buku = 1 (tamat)
Penerbit = Elex Media
Tahun terbit di Indonesia = 2006
Judul Asli = Hahaue To Watashi 
Jenis = Drama
DQ Review Komik


Contoh Gambar

No comments:

Post a Comment