Wednesday, August 10, 2016

TOGARI WHITE





"Tobe seorang pendosa yang dijatuhi hukuman pancung dan telah berada di neraka selama 300 tahun. Dia diberi kesempatan untuk keluar dari neraka dengan syarat mengumpulkan 108 dosa dalam 108 hari dengan menggunakan Togari. Sekarang adalah hari terakhir Tobe untuk mengumpulkan dosa tersebut. Apakah Tobe akan berhasil menyelesaikan misi yang hingga saat ini belum pernah ada yang berhasil melakukannya?"

"Tobe jatuh ke dalam neraka dan mendapatkan siksaan atas segala dosanya semasa 16 tahun kehidupannya di dunia. Ema memberikan ssebuah pedang yang dapat menyerap kekuatan jahat, Togari, dan berjanji akan membebaskannya dari neraka jika ia berhasil mengumpulkan 108 dosa manusia dalam 108 hari. Saat Tobe kembali ke dunia, dia mendapatkan dosa manusia yang pertama dengan menyelamatkan Itsuki dari serangkaian aksi percobaan pembunuhan. Setelah itu pun, dengan mengubah jiwa jahat dalam dirinya menjadi kekuatan, dia mengalahkan berbagai macam dosa yang berwujud Toga. Dengan semakin seringnya Tobe berinteraksi dengan manusia, berawal dari Itsuki, muncul perasaan-perasaan lain selain sifat jahat di dalam dirinya. Kemudian, suatu hari, muncul seorang pemuda bernama Sena yang dapat mengendalikan Toga dengan menggunakan 'Shiroi Yami' dan menyebarkan banyak kejahatan ke seluruh muka bumi. Tobe akhirnya mendapatkan tempat tinggal setelah menyelamatkan Itsuki dari Toga untuk yang kedua kalinya dan membuat sebuah janji dengan Itsuki. Dalam pertarungannya melawan Toga yang disebarkan oleh Sena, Tobe mulai menyadari arti kehadirannya di bumi ini dan memutuskan meninggalkan rumah Itsuki untuk menyelesaikan perburuannya. Dosa manusia yang harus ia kumpulkan hanya tersisa 2 lagi."

Komik ini merupakan karya komikus Jepang, Yoshinori Natsume. Kelanjutan dari komik Togari yang pernah saya review di tahun 2012. Waktu itu rada kecewa dengan ending ceritanya yang masih menggantung. Belakangan ini baru tahu ternyata komik Togari ada lanjutannya yaitu Togari White. Komik ini terbit dalam 3 jilid dengan gambar cover wajah-wajah karakter yang cakep dan sangat menarik. Setelah berhasil mengumpulkan lengkap saya pun mulai membacanya. Saya sarankan sebelum membaca Togari White terlebih dahulu membaca Togari karena kalau tidak kemungkinan besar akan kebingungan mengingat banyaknya karakter yang terlibat. Saya sendiri harus merefresh pikiran mengingat kembali para karakter yang ada dalam komik Togari.



Cerita komik ini berpusat kepada pertarungan terakhir Tobe di malam natal. Tinggal selangkah lagi Tobe menyelesaikan semua dosa yang harus dikumpulkan namun dunia langit tidak bisa membiarkan keberhasilan Tobe karena akan mengancam posisi mereka di dunia akhirat. Mereka mengirimkan malaikat untuk merayu Tobe agar bersedia menghentikan aksinya mengumpulkan dosa dan bergabung dengan mereka. Namun Tobe tetaplah Tobe yang hanya mengikuti hasratnya sendiri. Tobe menolak permintaan malaikat hingga membuat dunia langit menggunakan cara lain yaitu memanfaatkan manusia yang memiliki kekuatan luar biasa. Di malam pesta natal terjadi kerusuhan oleh orang-orang yang serempak berbuat kejahatan hingga membuat polisi kewalahan. Penyebabnya karena Toga yang disebarkan oleh Sena, pemuda misterius pemilik kekuatan 'kegelapan putih'. Tobe pun harus bertarung melawan anggota EX, Sena dan menyelamatkan Itsuki yang disandera oleh Sena. Kekacauan yang terjadi di dunia manusia membuat Emma petinggi dunia neraka memutuskan untuk datang ke dunia manusia.

Kekecewaan terhadap ending yang menggantung di komik Togari terbayar sudah di komik Togari White. Terungkapnya kebenaran tentang kasus pembunuhan detektif Asagi, ayah dari Itsuki di malam natal 10 tahun yang lalu. Pertarungan terakhir antara Tobe melawan anggota EX yang tersisa dan Sena pun berakhir sudah. Komik ini memberikan aksi yang seru walaupun ada bagian-bagian cerita yang masih membingungkan terutama bagian tentang konsep dosa.

Nilai = 9/10
Pengarang  = Yoshinori Natsume
Gambar = Yoshinori Natsume
Jumlah Buku = 3 (tamat)
Penerbit = Level
Tahun terbit di Indonesia = 2014 - 2015
Judul Asli = Togari Shiro
Jenis = Action, Horror, Supernatural
DQ Review Komik  


Contoh Gambar

1 comment: