Monday, August 22, 2016

DIAMOND LIFE





"Kanae Mitani, si cewek miskin, bertemu dengan Haruki Oda, si cowok kaya yang baik hati, waktu dia kehilangan uang untuk membayar sewa rumah. Kanae yang bekerja sebagai petugas kebersihan, nggak menyangka kalau cowok kaya itu ternyata presdir di kantor tempatnya bekerja! Tapi ternyata, Haruki nggak sebaik yang disangkanya! Kanae yang berusaha menghindari Haruki malah bertemu dia lagi sebagai pengurus rumah tangga! Apa yang akan terjadi di antara mereka!?"

"Gara-gara ayahnya, Kanae harus jadi petugas kebersihan dan hidup miskin. Tapi, pengusaha IT bernama Haruki Oda menolongnya. Setelah jadi pengurus rumah tangga dan makin lama bergaul dengan Haruki, Kanae makin tertarik padanya..."

Komik 3 jilid ini merupakan karya komikus Jepang, Akira Fujiwara. Bercerita tentang Kanae Mitani, 22 tahun yang bekerja sebagai pegawai tidak tetap perusahaan kebersihan. Kanae hanya tinggal berdua dengan sang ayah dalam kemiskinan karena sifat ayahnya yang suka kebebasan dan penggemar judi. Sang ibu telah lari meninggalkan mereka dan Kanae keluar dari SMA karena tidak bisa membayar uang sekolah. Kini Kanae tengah kebingungan karena uang 200 ribu yen untuk membayar sewa rumah hilang di dalam loker. Di tengah kekalutannya tiba-tiba datang pria berambut perak memberinya uang 200 ribu yen dengan alasan sebagai bonus khusus karena sudah bekerja keras di perusahaannya. Kanae sama sekali tidak menyangka jika pria yang telah membantunya adalah presdir Yamato co, perusahaan yang memperkerjannya.

Sang ayah membuat ulah lagi dengan masuk RS gara-gara patah tulang. Dengan santainya sang ayah bercerita penyebab patah tulang karena menginjak kulit pisang saat mabuk hingga jatuh terpeleset. Kepala Kanae semakin pusing memikirkan kondisi keuangan yang semakin sulit. Untuk mengatasi masalah keuangan Kanae memutuskan untuk bekerja tambahan sebagai pembantu rumah tangga di hari sabtu dan minggu dan pindah tempat tinggal ke tempat yang lebih murah. Baginya sekarang yang penting adalah bekerja keras untuk mendapatkan 1 yen lebih banyak.
Tugas pertamanya sebagai pengurus rumah tangga adalah membersihkan kediaman Haruki Oda di sebuah mansion yang mahal. Bertemu dengan Haruki Oda membuat Kanae kaget karena Haruki Oda ternyata presdir Yamato yang pernah membantu dan meremehkannya. Di tambah lagi kondisi ruangan yang sangat berantakan dan kotor membuat kepala Kanae semakin pusing. Semula Haruki tidak mengenali Kanae namun setelah beberapa kali kunjungan barulah Haruki mengingat Kanae sebagai pekerja kebersihan yang pernah kehilangan uang. Kata-kata Haruki yang ceplas-ceplos membuat Kanae merasa harga dirinya dihina. Dia pun bertekad untuk segera mengembalikan uang 200 ribu yen yang pernah diterimanya.

Komik ini memiliki paduan cerita drama, komedi, romantis untuk pembaca dewasa yang sangat luar biasa. Dari jilid pertama saya sudah dibuat terpukau untuk terus membacanya sampai selesai. Kisah drama romantis yang bagaikan cerita mimpi tentang seorang gadis miskin petugas kebersihan yang bisa menjalin kedekatan dengan seorang presiden direktur yang berhati dingin dan terkenal sebagai 'Dewa Kematian'.
Kanae bekerja sebagai pengurus rumah tangga di kediaman Haruki Oda, 26 tahun, presiden direktur perusahaan Yamato co yang tengah berkembang pesat. Haruki yang terkenal berdarah dingin ternyata mempunyai sisi lain yang menarik perhatian Kanae. Kebalikannya Haruki juga melihat ada sisi lain yang menarik pada diri Kanae. Haruki menganggap Kanae memiliki sesuatu yang berbeda dengan wanita-wanita yang pernah dikenalnya. Namun Haruki tidak bisa berkata jujur kepada Kanae. Haruki lebih senang berkata ketus hingga sempat beberapa kali membuat Kanae tersinggung dan marah. Sampai suatu ketika Kanae mengetahui apa yang sebenarnya telah menimpa Haruki. Kanae menyadari betapa beratnya penderitaan yang dialami Haruki selama ini. Selama itu pula Haruki menutupi kesedihan dan kesepiannya hanya dengan fokus mencari uang.

Berikut saya tuliskan daftar kelebihan yang membuat komik ini sangat layak untuk dibaca.
- Sosok Kanae, gadis miskin yang memiliki harga diri yang tinggi dan tidak bisa dibeli dengan uang.
- Sosok Haruki, pria pintar yang tidak mudah menyerah pada kenyataan pahit. Berusaha keras dan terus berusaha beratus kali lipat dari orang lain.
- Interaksi antara Kanae dan Haruki yang dipenuhi kelucuan dan kata-kata ketus dari Haruki.
- Kelucuan melihat ayah dari Kanae yang jika bersalah selalu memasang muka tak bersalah seakan-akan itu adalah hal yang wajar.
- Pelajaran finansial dari Haruki kepada Kanae seperti cara mengatasi bunga hutang rentenir.
- Pelajaran finansial dari kolom Money Tigers!! seperti cara mendapatkan potongan biaya pengiriman melalui pos.
- Pelajaran hidup agar tidak mudah menyerah. Walau kecil kemungkinan tapi harapan itu masih ada. Bagian cerita yang menyentuh hati dan membuat saya meleleh.

Nilai = 9.5/10
Pengarang  = Akira Fujiwara
Gambar = Akira Fujiwara
Jumlah Buku = 3 (tamat)
Penerbit = Level
Tahun terbit di Indonesia = 2010
Jenis =  Drama, Romance, Slice of Life
DQ Review Komik


Contoh Gambar

No comments:

Post a Comment