Tuesday, August 9, 2016

DREAM OF RASPBERRY





"Orang yang saling mencintai tentunya ingin menikah. Semua orang juga sama. karena saling mencintai maka ingin bisa bersama. Tapi, kebahagiaan sebenarnya tidak dibangun berdua saja. Perasaan para adik, harapan sang ayah, cita-cita dan doa pada kekasih yang tak kunjung kembali. Empat kisah tentang empat pasangan dengan kesulitan mereka masing-masing dalam menghadapi pernikahan yang didambakan."

Komik oneshot ini merupakan karya komikus Jepang, Maki Sato. Saat bongkar-bongkar timbunan dalam rangka mencari komik Arsene Lupin tidak sengaja saya menemukan komik ini. Karena terbitan Level, saya keluarkan komik ini dan siap menjadi bacaan berikutnya. Tanpa menaruh ekspetasi yang tinggi saya menyelesaikan membacanya. Hasilnya, surprisingly, komik ini memberikan sesuatu yang lebih. Cerita suka duka dalam menghadapi pernikahan yang diceritakan dengan cara yang sederhana namun sangat berkesan, membekas, menyentuh hati dan memberikan rasa haru serta memberikan pelajaran hidup.

Berikut ke 4 cerita dalam komik ini yang mampu mengaduk perasaan,

- Dream of Raspberry
Bercerita tentang Emi Takahara, 22 tahun, karyawan toko kue yang hanya tinggal bersama kedua adiknya, Seinoshin dan Hideyoshi yang masih duduk di bangku SD. Emi seorang diri membesarkan kedua adiknya di sebuah rusun setelah 5 tahun yang lalu kedua orang-tua mereka meninggal dalam kecelakaan mobil. Di toko kue, ada pengunjung pria yang menarik perhatian Emi karena tingkahnya yang serius dalam memilih kue. Mereka menjadi terhubung karena pria yang bernama Kiyoharu Ishimaru adalah seorang pengrajin dan bersedia membantu Hideyoshi, sang adik untuk membuatkan meja dengan harga spesial. Kejutan dari Hideyoshi untuk menyenangkan hati Emi, kakaknya.

- Saint Croissant
Bercerita tentang Yuka Koizumi, 20 tahun dan Kazuomi Natsume (Isshin), 21 tahun yang sengaja setahun yang lalu pindah ke Tokyo untuk bersama-sama menggapai impian. Yuka mengambil kuliah tata boga sambil bekerja paruh waktu di coffee shop dan mini market sedangkan Isshin bekerja di toko roti. Akhir-akhir ini Yuka khawatir dengan suasana hati Isshin karena masalah di tempat kerjanya. Isshin bermasalah dengan seniornya yang tidak suka dengan kemajuan Isshin membuat roti. Kekhawatiran Yuka terbukti, Isshin dipecat karena memukul seniornya yang sengaja mencari gara-gara dengan menginjak roti buatannya.

- The Bell's Ringing All Over The World
Bercerita tentang Toko Sasanuma, 24 tahun, pegawai kantoran bersama pacarnya, Ryusei Yaguchi, 26 tahun, manajer sebuah toko baju bekas. Ryusei memiliki sifat yang bebas dan tidak suka terikat dengan peraturan yang dianggapnya konyol. Seperti hari Valentine dimana orang membagikan cokelat atau acara pernikahan yang memakai gondola dan asap. Hal-hal seperti itu membuat Ryusei alergi dan gatal-gatal. Kembalinya sang ayah dari dinas kerja selama 2 tahun membuat Toko tidak bisa lagi leluasa bertemu dengan Ryusei. Hal ini membuat Ryusei tidak senang dan dia pun segera melamar Toko agar bisa selalu bersama. Ayah Toko menyetujuinya dengan syarat pesta pernikahan diadakan di Grand Ballroom Hotel kelas satu, tamu undangan 200 orang, harus ada Gondola Smoke dan dekorasi lilin dan ganti pakaian tiga kali. Syarat-syarat yang membuat Ryusei seketika menjadi lemas.

- Long Way Train
Bercerita tentang Utako yang setahun yang lalu pernikahannya mengalami kegagalan karena Takashi Kawahara, sang kekasihnya hilang di Manaslu, pegunungan Himalaya. Utako mencoba untuk bersikap seolah tidak ada apa-apa namun para sahabat tahu Utako masih menyimpan kesedihan. Saat hujan deras, seorang pemuda misterius bernama So dengan membawa seekor anjing datang dan meminta diperbolehkan kos di tempat yang sama dengan Utako. Sifatnya yang ceria dan penuh semangat membuat So dengan mudah akrab dan menjadi tempat curhat Utako. So menghibur Utako agar tetap kuat dan meyakinkan Utako bahwa Takashi masih hidup di suatu tempat di sana.





Nilai = 9.5/10
Pengarang  = Maki Sato
Gambar = Maki Sato
Jumlah Buku = 1 (tamat)
Penerbit = Level
Tahun terbit di Indonesia = 2010
Judul Asli = Raspberry no Yume
Jenis =  Drama, Slice of Life
DQ Review Komik


Contoh Gambar

No comments:

Post a Comment