Tuesday, August 30, 2016

NECROLOG





"Pemuda jurnalis, Song Yu Sheng, demi membangkitkan kembali teman masa kecilnya, kak Xue, yang sudah berubah menjadi vampir, berguru kepada Taoist Hu Cai Liang. Dia diminta Hu mencari Taoist berbakat. Sejak itu, kejadian-kejadian aneh terus terjadi di sekeliling Song!"

Komik ini merupakan karya komikus Jepang, Takatoshi Kumakura. Bercerita tentang Song Yu Sheng, seorang wartawan yang sebelumnya tidak sengaja bertemu dengan kak Xue yang pernah dekat dengannya saat masih kecil. Tapi sebenarnya kak Xue sudah mati dan yang ditemuinya sekarang adalah mayat yang dihidupkan (Jiang Shi / Vampir China) oleh Hu Cai Liang, seorang Taoist berperawakan seperti anak kecil. Mayat kak Xue dijadikan pelayan oleh Hu dan dipanggil dengan nama Bai Xing (bunga aprikot putih) oleh Hu. Yu Sheng tidak rela melihat mayat kak Xue rusak karena dipergunakan sesukanya oleh Hu seperti dijadikan alat untuk membunuh. Dia pun berguru kepada Hu untuk diajarkan Hangon agar bisa menghidupkan kembali kak Xue. Selama mengikuti guru Hu, Yu Sheng menemui kejadian-kejadian aneh yang tidak bisa dijelaskan dengan akal sehat.


Komik ini diterbitkan oleh Level namun tidak konsisten dalam memberikan halaman berwarna. Hanya ada pada jilid ke 3 dan itu pun hanya 1 lembar saja. Jilid ke 4 terbit dengan ketebalan yang luar biasa sampai lebih dari 300 halaman.
Cerita dalam komik ini cukup menghibur dengan membawa tema mitologi tentang dunia mistis di China seperti pertapa, mayat hidup, siluman dan dunia akhirat. Demi menghidupkan kembali kak Xue, Yu Sheng bertekad untuk mempelajari Hangon dari Hu. Dia pun jadi ikut terlibat dalam aksi Hu dalam menjalankan tugas dari akhirat demi melepaskan kalung yang ada di lehernya.
Bagian yang menarik dari cerita komik ini adalah pertarungan sihir dengan trik-trik yang dilakukan oleh Hu dan lawannya. Hu mencari para Taoist dan siluman yang menyalah-gunakan kekuatannya dan dengan kepercayaan dirinya yang tinggi, Hu mengalahkan mereka. Beberapa kali Hu membawa Yu Sheng keluar masuk dunia akhirat. Yu Sheng melihat sendiri kehidupan setelah mati kak Xue hingga dia pun menyadari betapa susahnya mempraktekkan Hangon. Setelah menyelesaikan beberapa kasus, Hu memohon kepada petinggi dunia akhirat agar kalung yang melingkar di lehernya bisa dilepaskan untuk mengembalikan ingatannya yang hilang.
Dalam menghabiskan membaca komik ini saya mengalami kesulitan yaitu mengingat istilah-istilah dan nama dalam bahasa China. Beberapa kali saya harus bolak-balik ke halaman sebelumnya agar bisa mengerti maksudnya walaupun akhirnya ada juga bagian cerita yang masih belum paham.
 
Nilai = 9/10
Pengarang  = Takatoshi Kumakura
Gambar = Takatoshi Kumakura
Jumlah Buku = 4 (tamat)
Penerbit = Level
Tahun terbit di Indonesia = 2014
Judul Asli = Nekorogu
Jenis =  Supernatural
DQ Review Komik


Contoh Gambar

No comments:

Post a Comment