Tuesday, August 16, 2016

JAKA KAHURUAN KEMBALINYA SI TINJU API





"Kebayang nggak, bisa menguasai jurus-jurus silat dan mengendalikan kekuatan api? Pasri seru! Bisa bikin api unggun atau bakar satai ayam bermodalkan tinju. Nah, alkisah, dulu ada padepokan silat yang dapat melakukan semua itu, Jaka Kahuruan. Sayangnya, karena serbuan kongsi jahat, ilmu itu kemudian 'padam' dan tidak pernah terdengar lagi...."

"Bertahun kemudian, Putra Cilepeung, seorang tukang batagor, berkelahi dengan keroco-keroco Rorongkong Edan, organisasi jahat yang menduduki kota Bandung. Tanpa disangka, Putra mengeluarkan Tinju Api yang sudah lama punah. Ya, ternyata, dia satu-satunya pewaris ilmu Jaka Kahuruan dan selama ini kesaktiannya hanya digunakan untuk... menyalakan kompor. Dasar Cileupeung! Akankah kedamaian kembali di kota Bandung? Ikuti kisah bodor si Tukang Batagor sakti ini!"

Komik oneshot ini merupakan karya komikus lokal, Fauzy Zulfikar. Bercerita tentang Putra Cileupeung, satu-satunya pewaris ilmu Jaka Kahuruan yang tersisa. Putra selama ini terpaksa menyembunyikan identitasnya dan bekerja sebagai tukang batagor karena 10 tahun yang lalu dia terlibat dalam 'bencana besar' yang menimpa Bandung. Identitasnya jadi terbongkar gara-gara bertarung melawan keroco-keroco Rorongkong Edan. Putra terpaksa melarikan diri dengan dibantu oleh dewi kahyangan bernama Putri dari kejaran polisi yang dipimpin inspektur Putut Tutuka.

Sesuai sekali dengan tulisan testimoni dari para komikus dan aktor komik yang ada di buku ini bahwa komik ini benar-benar menghibur.

'Seru! Komik dengan perpaduan aksi komedi dan unsur lokal modern yang unik!' Is Yuniarto - komikus Garudayana
'Selera humor yang ajaib, seajaib dunia alternatif kota Bandung yang menjadi settingnya. Jaka Kahuruan sukses menggabungkan unsur yang diperlukan untuk membuat komik yang ga hanya bagus dan lucu, tapi buagus dan lucuuu!' Dari Galang Tirtakusuma - komikus Garudaboi
'Ide ceritanya menarik, membangkitkan kembali cerita-cerita silat dalam kemasan baru, teknik pembuatan komiknya rapih dan enak dibaca..' Archie The Red Cat - komikus LUV
'Gile, ini komik lokalnya berasa banget! Anti-mainstream habis!! Ngoahahaha' Juki - aktor komik Indonesia

Saya sih ngikut aja deh sama testimoni di atas, habis memang begitu kenyataannya. Pokoknya gila pisan euy. Dikemas dengan sampul yang bagus dengan huruf timbul, gambarnya juga bagus, rapih, cakep dan punya ciri khas tersendiri ditambah dengan muatan konten budaya Sunda yang terasa kental. Komik ini sukses membuat saya ketawa berat karena kejutan-kejutan kelucuan yang tidak disangka-sangka. Asal-usul Putra, pertemuannya dengan para sahabat, pertarungannya melawan Rorongkong Edan semuanya berlangsung menarik. Walau ada bagian cerita yang nyeleneh dan rada absurd tapi uniknya bagian tersebut malah ikut menjadi daya tarik komik ini. Biasanya saya kesal jika menemukan ending cerita yang masih menggantung tapi untuk komik ini bodo amat-lah yang penting sudah membuat saya heppy. Saya sengaja tidak membocorkan daftar kelucuan yang ada pada komik ini karena sayang sekali jika kalian baca komiknya nanti kelucuan itu tidak lagi jadi kejutan. Kalian harus merasakan sendiri kegilaan kejutan dari kelucuan-kelucuan tersebut langsung pada komiknya. Menikmati sensasi terapi otak yang sama seperti saya yang memang sedang memerlukan pertolongan pertama pada otak. Tapi bagaimana kalau terapi otaknya pada kalian ternyata gagal? Bodo amat-lah yang penting saya sudah heppy.

Nilai = 9.5/10
Pengarang  = Fauzy Zulvikar
Gambar = Fauzy Zulvikar
Jumlah Buku = 1 (tamat)
Penerbit = Bukune
Tahun terbit di Indonesia = 2013
Jenis = Comedy, Martial Arts
DQ Review Komik


Contoh Gambar

No comments:

Post a Comment