Monday, August 8, 2016

ARSENE LUPIN





"Sang pencuri misterius Arsene Lupin adalah ahli menyamar, dia bisa menjadi siapa saja, bahkan orang yang tengah ada di sampingmu. Siapakah sosok tenar nan misterius ini ? Inilah sang pencuri besar yang bahkan bisa tetap mencuri dari dalam jeruji penjara."

Arsene Lupin
Komik 5 jilid ini merupakan karya komikus Jepang, Daiji Kazumine dengan mengangkat cerita tentang karakter fiksi Arsene Lupin karya Maurice Leblanc, penulis berkebangsaan Perancis. Arsene Lupin adalah seorang pencuri gentleman dan pakar dalam penyamaran. Karakter ini pertama kali diperkenalkan dalam serial cerita pendek di majalah Je sais tout pada tanggal 15 Juli 1905. Untuk informasi lengkapnya bisa berkunjung ke Wiki.

Sebenarnya saya sudah lama mendengar nama Arsene Lupin, pencuri terkenal dari Perancis yang setara popularitasnya dengan karakter Sherlock Holmes dari Inggris. Tapi karena belum ketemu komiknya alias malas baca novelnya maka pengetahuan saya terhadap Arsene Lupin sangatlah dangkal. Setelah menyelesaikan membaca komik ini saya jadi teringat kepada Kaito Kid, karakter pencuri keren dari komik Detektif Conan. Rupanya Gosho Aoyama membuat karakter Kaito Kid ini terinspirasi dari karakter Arsene Lupin. Pantas saja ada beberapa kemiripan seperti setiap ingin mencuri selalu mengirimkan surat peringatan, ahli dalam penyamaran, penuh percaya diri, memiliki trick yang tidak terduga serta sulit untuk ditangkap.

Arsene Lupin
Suasana Perancis jadul digambarkan dengan maksimal oleh sang komikus. Sampai-sampai tulisan-tulisan di surat atau koran dituliskan dalam bahasa Perancis. Karakter Arsene Lupin digambarkan memiliki ciri khas tersendiri. Bertingkah laku sopan, tenang dengan penampilan perlente memakai pakaian yang berkelas, rambut klimis dan kumis yang rapi. Itu sebabnya dia mendapat julukan pencuri gentleman. Arsene Lupin dalam aksinya tidak selalu sendirian, terkadang dia dibantu oleh anak buahnya atau orang lain yang dia tempatkan dalam posisi yang tidak terduga.

Berikut 9 kasus Arsene Lupin yang ada dalam komik ini.

- The Arrest of Lupin  
- The Myterious Traveler
- Sherlock Holmes Arrives Too Late
- The Queen's Necklace
- Brankas Madame Imbert
- The Seven of Hearts
- The Black Pearl
- The Blonde Lady

Sherlock Holmes
Cerita tentang kasus Arsene Lupin boleh dibilang sama menariknya dan sama membuat penasarannya dengan kasus dalam cerita Sherlock Holmes. Pembaca akan diperlihatkan betapa piawainya Arsene Lupin bermain-main dengan polisi dengan mempermainkan psikologis mereka. Inspektur Ganimard sampai kesal setengah mati karena selalu terpedaya oleh trick-trick yang dilakukan Arsene Lupin. Tidak hanya beraksi sebagai pencuri tetapi Arsene Lupin juga beraksi sebagai detektif karena punya daya analisis yang tinggi. Dalam kasus The Myterious Traveler, status sebagai borunan yang dimilikinya tidak menghalangi niat Arsene Lupin membantu polisi menangkap Pierre Onfrey, pelaku pembunuhan di jalan Lafontaine. Beberapa kasus juga menceritakan latar belakang kehidupan Arsene Lupin bahkan ada kasus yang menceritakan kesialan yang menimpa Arsene Lupin. Walaupun cerdas dia juga bisa kena tipu. Tambah menarik lagi tokoh Sherlock Holmes juga dilibatkan dalam 2 kasus Arsene Lupin yaitu kasus Sherlock Holmes Arrives Too Late dan The Blonde Lady. Keduanya saling bersaing melakukan duel adu analisis. Siapakah yang lebih unggul dalam duel tersebut?

Nilai = 9.5/10
Pengarang  = Maurice Leblanc
Gambar = Daiji Kazumine
Jumlah Buku = 5 (tamat)
Penerbit = Elex Media
Tahun terbit di Indonesia = 2011
Jenis =  Historical, Mystery, Psychological
DQ Review Komik


Contoh Gambar

No comments:

Post a Comment