Wednesday, February 1, 2012

WALTZ IN WHITE




"Sudah menjadi ketentuan jika pada pesta dansa yang pertama memakai gaun putih, pasangan dansa waltz yang pertama itu akan  menjadi pasangan jiwa... Ini terjadi pada Aoki Koto, putri pemilik toko pakaian. Akankah Sajit, tentara Inggris keturunan India, menjadi pasangan hidupnya kelak? Sementara dia telah dijodohkan dengan Masaomi Kidoin oleh ayahnya..."

Showa tahun ke 10 (1953), Koto Aoki, anak dari pemilik toko pakaian, bekerja sebagai penjahit pakaian model Eropa yang berangan-angan ingin ikut pesta dansa dengan mengenakan gaun putih. Dia dikejutkan oleh berita perjodohan dirinya dengan Masaomi Kidoin, pria cerdas berwajah tampan. Walau sebenarnya dirinya menolak.
Karena sudah dianggap bagian dari keluarga Baron Kidoin, Koto dijemput oleh Ryuichi dan Hanako untuk ikut pesta dansa di kedutaan besar Inggris. Tanpa sengaja Koto malah terlibat peristiwa pencurian dokumen penting yang dilakukan oleh mata-mata. Koto yang ketakutan dihampiri oleh mata-mata yang bernama William Sajit Aster, pemuda blasteran Inggris dan India berpangkat Letnan Dua. Sajit mengajak Koto berdansa agar tidak dicurigai oleh pasukan keamanan. Hati Koto menjadi bimbang, karena dansa waltz yang pertama kali dia ingin berpasangan dengan seseorang yang spesial. Melihat Sajit yang terluka tembak, Koto mengikuti kemauan Sajit dan membantu mengeluarkan Sajit dari kedutaan besar Inggris

Komik ini bercerita tentang cinta segitiga antara Koto, Sajit dan Masaomi yang mengambil latar belakang Jepang  ditahun 1953, suasana Jepang saat itu digambarkan dengan apik. Ceritanya juga tidak berat, menghibur dan romantis.

Nilai = 8.5/10
Pengarang  = Chiho Saito
Gambar = Chiho Saito
Jumlah Buku = 4 (tamat)
Penerbit = Elex Media
Tahun terbit di Indonesia = 2005
Judul Asli = Waltz Wa Shiroi Doresu De 
Jenis = Drama, Historical, Romance
DQ Review Komik 


Contoh Gambar

4 comments:

  1. bagus banget komiknya aku juga dah baca, ada juga sekuelnya namanya magnolia in waltz, bagus juga dan bikin terharu, disekuelnya akan tahu apakah si koto akan benar2 ma sajit atau masaomi atau ma yg lain malahan??keren dah

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang bagus ceritanya, tapi sequelnya Magnolia in Waltz saya malah belum baca, sudah beli tapi belum baca.. :( masuk alam antrian..

      Delete
    2. Akhirnya dengan siapa..? Punya hanya seri satu aja,

      Delete
    3. SPOILER ALERT

      --------

      Koto aslinya dijodohin sama anak tertua keluarga Kidoin (Ryuichi) tapi karena minggat dr rumah dan memilih jadi pengusaha, akhirnya koto dijodohin sama Masaomi.

      Koto dan Masaomi sebenernya diem2 saling memendam rasa cinta dan gak mau menurunkan ego masing2, jadilah mereka saling salah paham. Disaat salah paham ini lah Koto ketemu Sajit dan meskipun Masaomi udah berusaha memisahkan mereka, bahkan mempercepat pernikahannya dengan Koto (nggak sempet malam pertama karena Masaomi sengaja pergi bertugas terus untuk mengihindari Koto sejak dirinya dapet vonis leukimia dari dokter) tapi Koto nekat kawin lari dengan Sajit ke India sampai bertahun2 dan punya anak 1 orang. Sampai suatu ketika Sajit dibunuh, Koto dan anaknya dititipkan sebelumnya ke Masaomi untuk lari.

      Singkat cerita Koto jadi terikat lagi dengan Masaomi, sampai bela2in nyusul ke Basis Militer Jepang di Shanghai dan jadi perawat disana supaya bisa memantau Masaomi yg kesehatannya memburuk atas permintaan Ryuichi (anaknya kotodirawat Ryuichi). Masaomi yang masih menjaga jarak dengan mantan istrinya itu akhirnya luluh dan mereka pun rujuk. (Perkiraan harapan hidup Masaomi hanya +/- 1 tahun lagi)

      Di saat2 terakhir hidupnya, Masaomi & Koto kembali ke Jepang. Masaomi akhirnya meninggal. Nggak lama, Koto melahirkan anak dari Masaomi.

      Scene terakhir skip beberapa tahun kemudian, Koto jadi pemilik Butik terkenal dan kedua anaknya sudah sekitar usia elementary school. Tersirat bahwa anak2 itu tahu bahwa Ryuichi sedang proses PDKT dengan Koto



      Delete