Saturday, February 25, 2012

PANDEMIC





"Tanggal 3 Januari 2011, dr. Tsuyoshi Matsuoka memeriksa seseorang pasien yang awalnya diduga mengidap flu. Namun, keesokan harinya sang pasien meninggal akibak kegagalan multi organ. Tak lama kemudian, pasien yang meninggal dengan gejala yang sama terus bertambah. Tragedi yang baru pertama kali terjadi ini pun sontak membuat seluruh Jepang panik!"

24 Februari 2011, 2,5 juta orang terinfeksi dan 900.000 orang tewas olehnya, pemerintah tak bisa lagi memberi angka pasti. Kira-kira 50 hari sebelumnya.
3 Januari 2011, RS Izumino kedatangan sepasang pasien suami istri, Hidetoshi Manabe dan Asami Manabe. Awalnya Dokter UGD Tsuyoshi Matsuoka mengira Hidetoshi hanya terkena demam biasa. Tapi ternyata keadaannya semakin parah, demam tinggi, pneumonia, mimisan, muntah darah, diare dan bab darah. Infeksi diseluruh tubuh yang menyebabkan kegagalan multi organ. Pasien diduga terkena virus asing yang ganas. Para dokter dan perawat yang bertugas hari itu juga dikarantina untuk mencegah penularan keluar area rumah sakit.
5 Januari 2011, Hidetoshi Manabe menjadi korban pertama yang meninggal. Sejumlah Staf RS juga tertular termasuk Dokter UGD Kazuma Ando. Eiko Kobayashi staf medis WHO yang pernah sukses memblokade virus influenza di Filipina ditugaskan oleh pemerintah Jepang untuk memimpin langsung pengawasan penyakit di RS Izumino. Sampai disana Eiko Kobayashi mengumpulkan seluruh staf untuk menjelaskan status mereka dan perkiraan virus apa yang sedang mereka hadapi. Penyelidikan pun dimulai dengan menelusuri informasi korban pertama dan dokter yang melakukan kontak pertama. Korban terus berjatuhan, Tsuyoshi dan Eiko berlomba dengan waktu mengidentifikasi virus dan menyiapkan vaksin pencegahnya.

Komik ini walaupun satu jilid tapi ceritanya sangat bagus dan menegangkan. Berkisah tentang penyebaran penyakit di Jepang yang terjadi begitu cepat dan memakan banyak korban. Konflik pun timbul dari dalam diri staf RS antara memilih kepentingan keluarga atau pasien. Tetap bertahan menolong walaupun dengan resiko tertular. Cerita perjuangan manusia melawan virus ganas, pertaruhan hidup dan mati yang sungguh mengharukan.

Nilai = 9.5/10
Pengarang  = Eiga [Kansen Rettou] Seisakuiinkai
Gambar = Masasumi Kakizaki
Jumlah Buku = 1 (tamat)
Penerbit = Level
Tahun terbit di Indonesia = 2010
Judul Asli = Kansenrettou 
Jenis =  Drama, Horror, Psychological
DQ Review Komik


Contoh Gambar

No comments:

Post a Comment