Friday, November 22, 2013

THE GREAT DETECTIVE KIYOSHIRO YUMEMIZU





"Perkenalkan, saya detektif hebat, Kiyoshiro Yumemizu! Gubrak! Pede banget orang ini! Melihat penampilannya lebih mirip seorang profesor daripada detektif. Dia memang ilmuwan, sih. Tapi lumayan pikun! Duuuh! Apa dia benar-benar detektif hebat ya? Buktikan bareng-bareng, yuk!".

"Tinggal di rumah tua bergaya Eropa, dan menyebut dirinya sebagai 'Detektif Hebat' karena dulunya seorang dosen universitas bidang ilmu logika, si tiga anak kembar memanggilnya dengan sebutan 'Profesor'. Orangnya pelupa, paling keras soal makanan, sukanya tidur-tiduran santai, pokoknya orang aneh yang paling nggak masuk akal".

Komik ini memiliki cerita detektif yang lain sendiri. Tokoh utamanya Kiyoshiro Yumemizu, dari luar tidak tampak sebagai detektif hebat. Di rumah hobinya bermalas-malasan sambil membaca buku. Saking malasnya bisa sampai kelaparan dan tertidur dibawah tumpukan buku sampai berlumut. Kiyoshiro Yumemizu punya tetangga 3 anak kembar yaitu Ai Iwasaki, Mai Iwasaki dan Mii Iwasaki. Awal perkenalan mereka ketika tiga anak kembar ingin mempermainkan Kiyoshiro Yumemizu dengan datang bergantian satu persatu ke rumahnya. Tapi Kiyoshiro Yumemizu bisa menebak dengan cepat jika mereka adalah anak kembar. Kemampuan analisa Kiyoshiro Yumemizu membuat Ai kagum, karena orang lain bisa mereka kelabui tapi tidak untuk Kiyoshiro Yumemizu.
Kasus-kasus yang dihadapi Kiyoshiro Yumemizu tidaklah sesadis dan sekelam komik detektif lain seperti Conan atau Kindaichi. Kasus-kasus disini dipecahkan dengan cerita yang ceria dan lucu. Setiap kali berkenalan dengan orang lain, Kiyoshiro Yumemizu selalu tidak lupa menambah embel-embel dirinya adalah 'Detektif Hebat'. Di awal setelah mendengarkan cerita kasus yang dihadapi, Kiyoshiro Yumemizu sudah bisa memecahkannya namun karena penyakit malasnya dia sengaja tidak mengungkapkannya kecuali dipancing dulu dengan makanan. Kadang Kiyoshiro Yumemizu sengaja karena ingin mengetahui motif apa dibelakang kasus ini. Selain bercerita di abad modern juga menceritakan buyut Kiyoshiro Yumemizu yaitu Kiyoshiro Yumemizu Zaemon di jaman akhir Tokugawa. Komik ini di Indonesia baru terbit sampai jilid 9, sedangkan di Jepang sudah sampai jilid 10 dengan status masih berlanjut. Saya masih penasaran dengan kasus terakhir yaitu Misteri Puri Hantu di Hawaii yang masih belum selesai.
Jika anda ingin menbaca cerita detektif dengan tokoh utama yang tidak meyakinkan, The Great Detective Kiyoshiro Yumemizu bisa dijadikan pilihan.

Nilai = 9.5/10
Pengarang  = Kaoru Hayamine
Gambar = Kei Enue
Jumlah Buku = 9 (di Jepang sudah jilid 10 dan masih ongoing)
Penerbit = Elex Media
Tahun terbit di Indonesia = 2007 - 2010
Judul Asli = Meitantei Yumemizu Kiyoshiro Jiken Note
Jenis =  Mystery, Psychological
DQ Review Komik


Contoh Gambar

5 comments:

  1. Replies
    1. bagus gan ceritanya.. :alternatif lain komik detektif selain Conan dan Kindaichi

      Delete
  2. Saya juga punya koleksi komik ini. Sialnya sampai 2017 ini yg no 10 belum ada tanda2 nongol.

    ReplyDelete