Wednesday, November 27, 2013

IL PRINCIPE





"Pada abad pertengahan di Eropa ada buku yang sangat terkenal karena pengaruh jeleknya. Buku ini disebut sebagai buku yang sesat dan dipercaya sebagai kitab yang memiliki kekuatan untuk mempengaruhi orang yang membacanya. Namanya The Prince. Penulisnya, Niccolo Machiavelli, mengangkat cerita Cesare Borgia sebagai contoh pemimpin yang kejam. Sampai dengan abad ke-18, buku ini dianggap sebagai buku setan... dan melahirkan istilah Machiavellism!".

Komik ini merupakan salah satu series dari World's Masterpiece. Bercerita tentang lahirnya sebuah buku berjudul The Prince hasil pemikiran dari Machiavelli. Untuk mengetahui lebih jelas tentang buku The Prince bisa berkunjung ke The Prince. Buku tersebut ditulis disaat Machiavelli sudah tidak bekerja lagi di pemerintahan. Dia dipecat karena termasuk dalam pemerintahan lama, Sodelini. Berharap bisa kembali lagi kerja di bidang pemerintahan, Machiavelli menulis buku tentang bagaimana cara menjadi pemimpin, mengurus organisasi dan negara. Dia tuliskan semua pengalaman, apa yang pernah dia lihat dan diajarkan sejarah. Tokoh yang dia jadikan acuan dalam bukunya adalah tokoh yang terkenal kejam yang pernah dikenalnya yaitu Cesare Borgia. Tapi impiannya tidak tercapai, buku The Prince karyanya tidak sampai ke tangan pemerintahan di saat itu. Dia meninggal di usia 58 tahun dengan membawa cita-citanya kembali ke pemerintahan.
Sebelumnya Machiavelli bekerja sebagai abdi sipil di pemerintahan Firenze. Saat itu Eropa di abad 16 berada di zaman kekacauan dimana terjadi perebutan wilayah kekuasaan. Machiavelli bekerja mengurusi urusan luar negeri, dalam negeri dan militer. Dia seringkali diminta bantuan untuk bernegoisasi dengan pihak luar. Dalam salah satu tugasnya dia bertemu dengan Cesare Borgia, penguasa Rogmana, seorang pemimpin yang tegas dan kejam. Dalan pemikirannya hanya ada satu cara untuk menang dalam masa kekacauan yaitu berlaku supaya ditakuti orang. Dan itu ada pada diri Cesare Borgia yang dianggapnya sebagai anak yang diutus Tuhan untuk menghadapi masa kekacauan. Pemimpin yang memiliki kekejaman untuk dijauhi musuh dan kemampuan seperti singa yang menyerang dengan gagahnya.

Nilai = 9/10
Pengarang  = Machiavelli
Gambar = Variety Art Works
Jumlah Buku = 1 (tamat)
Penerbit = Elex Media
Tahun terbit di Indonesia = 2010
Judul Asli = Manga de Dokuha -  Il Principe by Machiavelli
Jenis = Historical
DQ Review Komik


Contoh Gambar

No comments:

Post a Comment