Friday, January 4, 2013

THE METAMORPHOSIS





"Karena usaha ayahnya bangkrut, dan meninggalkan hutang besar, maka Gregor Samsa harus menjadi tulang punggung keluarga. Untuk itu dia jadi salesman. Suatu pagi, saat bangun dari mimpi buruknya, Gregor sadar kalau dia berubah menjadi serangga besar.... Apa yang sebenarnya terjadi? Apakah ini ada hubuungannya dengan berbagai kemalangan yang menimpanya akhir-akhir ini?"

Praha 1912, suatu pagi Gregor Samra terbangun dari mipi buruknya dan menyadari jika dirinya telah menjadi serangga besar. Kedua orangtua, adik dan manajernya berusaha mencoba mencari tahu keadaan dirinya. Berulang-ulang mereka mengetuk pintu kamar, namun Gregor Samra tetap mengurung diri di dalam kamar.
5 tahun sebelumnya, usaha sang ayah mengalami kebangkrutan padahal sebelumnya mereka hidup berkecukupan. Dengan koneksi sang ayah, Gregor Samsa bekerja di perusahaan besar penjual tekstil. Untuk menutupi hutang sang ayah yang besar, Gregor Samsa memilih pekerjaan sebagai seorang sales. Dia berkeliling dari pintu ke pintu butik dan penjahit namun tidak mendapatkan hasil sesuai harapan. Gregor Samsa mencoba cara lain dengan memasarkan kain selain ke butik dan penjahit. Kali ini usaha Gregor Samsa berhasil dengan memasarkan kain ke gereja. Gregor Samsa semakin larut dalam pekerjaan sampai melupakan kebahagian untuk dirinya sendiri.
Namun kesuksesannya tidak berlangsung lama, adanya pesaing baru membuat penjualnnya menurun. Kondisi ini membuat Gregor Samsa tertekan, badannya semakin kurus dan wajahnya semakin pucat. Sampai suatu ketika dia terbangun dari mimpi buruknya dan menyadari perubahan yang terjadi pada dirinya yang telah berubah menjadi serangga besar. Dirinya yang selama ini menjadi tulang punggung keluarga kini di anggap sebagai sesuatu yang menjijikkan oleh keluarganya.

Komik ini merupakan salah satu series dari World's Masterpiece. Diadaptasi dari novel klasik The Metamorphosis karya dari Franz Kafka yang berkebangsaan Austria-Hungaria. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang novel ini bisa berkunjung ke The Metamorphosis.
Bercerita tentang Gregor Samsa seorang salesman penjual kain yang bekerja mati-matian demi keluarganya, namun setelah dirinya berubah menjadi serangga besar dia mengalami perlakukan yang berbeda dari keluarganya sendiri.
Sebenarnya saya juga tidak bisa menangkap penuh maksud dari sang pengarang tentang perubahan wujud ini. Tidak mungkin manusia menjadi serangga, mungkin ini hanya perandaian yang dibuat oleh sang pengarang tentang sosok Gregor Samsa yang berubah menjadi sesuatu atau menderita karena penyakit.

Nilai = 9/10
Pengarang  = Franz Kafka
Gambar = Variety Art Works
Jumlah Buku = 1 (tamat)
Penerbit = Elex Media
Tahun terbit di Indonesia = 2010
Judul Asli = Manga de Dokuha - The Metamorphosis by Kafka
Jenis = Fantasy, Historical
DQ Review Komik


Contoh Gambar

No comments:

Post a Comment