Tuesday, January 1, 2013

DAS KAPITAL





"Das Kapital adalah salah satu karya besar dunia buah karya Karl Marx. Salah satu buku abadi yang membahas secara mendalam mengenai ekonomi politik, yang merupakan analisa kritis terhadap kapitalisme dan aplikasi praktisnya. Ini adalah versi manga yang selalu diasosiasikan sebagai 'bacaan yang berat'."

Robin adalah seorang penjual keju yang berjualan hanya seminggu sekali. Walau begitu keju jualannya sangat diminati dan laris. Diam-diam Robin menyukai nona Eny, putri dari seorang bankir besar yang merupakan salah satu dari pembeli setianya. Kali ini nona Eny datang dengan membawa seorang pria bernama Daniel seorang investor muda. Daniel tertarik dengan keju milik Robin dan menawarkan investasi untuk membuat pabrik pengolahan keju. Nasihat Heinrich sang ayah tidak didengarkan oleh Robin. Dia menerima tawaran tersebut walau dengan perjanjian yang berat.
Robin memulai usaha pabriknya dengan keyakinan tinggi namun tidak semudah yang dibayangkan mengatur banyak pekerja. Untuk mengejar keuntungan, Robin terpaksa menerapkan cara-cara keras kepada pekerjanya berdasarkan petunjuk oleh Daniel walau itu bertentangan dengan hatinya. Robin dan para pekerja semakin merasa tidak nyaman, sampai akhirnya Robin merasa tertipu oleh kelicikan Daniel. Tanah milik ayahnya terancam disita oleh Daniel jika tidak sanggup mengembalikan pinjaman hutang beserta bunganya. Dirinya semakin terperangkap dan hanya menjadi sapi perah untuk keuntungan Daniel.

Komik ini merupakan salah satu series dari World's Masterpiece. Diadaptasi dari buku Das Kapital yang berisikan analisa mengenai Kapitalis sebagai politik ekonomi karya dari Karl Marx yang berkebangsaan Jerman. Untuk lebih jelasnya mengenai buku ini bisa berkunjung ke Das Kapital. Pemikiran Karl Marx diceritakan dalam bentuk komik sehingga mudah untuk dipahami. Pembaca bisa mengetahui konsep yang ada dalam dunia kapitalis, memanfaatkan buruh semaksimal mungkin untuk mendapatkan keuntungan yang besar. Tenaga buruh di awal dianggap tidak punya nilai, para investorlah yang memberikan nilai kepada para buruh sehingga mereka merasa bisa berbuat sewenang-wenang dan mengeksploitasi tenaga buruh.

Nilai = 9/10
Pengarang  = Karl Marx
Gambar = Variety Art Works
Jumlah Buku = 1 (tamat)
Penerbit = Elex Media
Tahun terbit di Indonesia = 2010
Judul Asli = Manga de Dokuha -  Das Kapital by Karl Marx
Jenis = Historical
DQ Review Komik


Contoh Gambar

2 comments:

  1. beli dimana ya? di gramed udah ga ada

    ReplyDelete
    Replies
    1. di Gramed memang sudah nggak ada.. kalau ada bazar Gramed coba berkunjung kesana.. biasanya komik series World's Masterpiece ini nyempil di buku2 non komik..

      Delete