Monday, January 7, 2013

NIGHT FLIGHT





"Keberhasilan Wright bersaudara pada tahun 1903, membawa manusia dalam gelombang kemajuan yang sangat pesat. Kecepatan menjadi penentu pergerakan manusia. Semua berlomba mencapai batas kecepatan maksimal yang bisa dibayangkan. Tidak terkecuali dengan perusahaan angkutan pos milik Riviere yang melayani rute Amerika Selatan. Sekalipun harus melakukan penerbangan malam hanya mengandalkan sinar bulan melewati pegunungan Andes yang cuacanya sering berubah. Ini adalah kisah tentang kebanggan dan keberanian orang-orang yang bekerja di udara malam...."

Tahun 1930, lapangan terbang Saint Julian di Argentina, Amerika Selatan. Terjadi kesibukan keberangkatan pesawat pengangkut barang pos yang di piloti oleh Fabien, pilot rute Patagonia. Pesawat segera berangkat menuju Buenos Aires melewati penerbangan malam hari yang berbahaya bagi pilot.
Pemilik perusahaan pengangkutan pos melalui udara adalah Riviere. Alasan melakukan penerbangan malam adalah kecepatan. Jika tidak terbang pada malam hari maka kecepatan pengangkutan barang pos akan tersaingi oleh kereta atau kapal laut.
Sementara itu pesawat yang di piloti oleh Fabien dikabarkan terkurung oleh badai hujan, sedangkan bahan bakar hanya tinggal untuk 1 jam saja. Pihak perusahaan terus mencoba berkomunikasi dan menanti dengan cemas, termasuk istri Fabien yang juga turut datang menunggu.

Komik ini merupakan salah satu series dari World's Masterpiece. Diadaptasi dari novel Night Flight karya Antoine de Saint-Exupery yang berkebangsaan Perancis. Kisahnya diambil berdasarkan pengalaman pribadi pengarang sebagai pilot pos udara dan direktur penerbangan Aeroposta Argentina. Untuk lebih jelasnya mengenai novel ini bisa berkunjung ke Night Flight.
Komik ini bercerita tentang kegiatan pengantaran barang pos menggunakan penerbangan malam. Penerbangan yang sangat beresiko karena cuaca gunung Andes dan minimnya cahaya sehingga lebih mengandalkan kepada cahaya bulan. Salah satu penerbangan dari rute Patagonia mengalami masalah karena badai cuaca sehingga mereka melenceng jauh dari rute yang ditentukan. Para crew hanya bisa membantu melalui radio komunikasi dan menanti dengan cemas.
Riviere sebagai pemilik perusahaan, walaupun hatinya sangat terpukul karena dia harus kehilangan anggotanya, namun dia harus tetap melanjutkan bisnis pengiriman barang sesuai rencana dan tidak menyia-nyiakan pengorbanan yang mereka berikan.

Nilai = 9/10
Pengarang  = Antoine de Saint-Exupery
Gambar = Variety Art Works
Jumlah Buku = 1 (tamat)
Penerbit = Elex Media
Tahun terbit di Indonesia = 2010
Judul Asli = Manga de Dokuha -  Night Flight by Antoine de Saint-Exupery
Jenis = Historical
DQ Review Komik


Contoh Gambar

No comments:

Post a Comment