Thursday, December 20, 2012

ZENITH





"Seorang pria berjalan tanpa arah mencari jati diri dan ingatannya yang hilang. Petunjuk yang dimilikinya hanyalah sebuah gambar benda aneh yang sering muncul di mimpinya. Pencariannya dari satu kota ke kota lain selalu menghubungkannya pada 'kejadian orang mati yang hidup kembali' dan Zenith. Apa sebenarnya Zenith dan kenapa orang ditemuinya selalu mengatakan dia seorang pembunuh!?"

Seorang pemuda misterius berambut perak, berpakaian jas hitam yang rapi dan membawa tas datang ke sebuah desa. Seorang kakek tua bernama Shojiro Konoe memberinya air minum kepada pemuda tersebut yang tampak kehausan. Pemuda itu mengaku tidak ingat akan dirinya dan apa tujuannya, dia hanya memperlihatkan sebuah kertas bergambar benda lonjong yang dipenuhi ukiran sebagai petunjuknya. Sebelum pemuda itu berlalu, tiba-tiba kakek Shojiro melihat benda yang sama dengan gambar tersebut dengan ukuran yang sangat besar melayang diatas kepalanya. Kakek Shojiro kaget dan meminta pemuda itu mengantarnya pulang ke rumah.
Setibanya di rumah, telah ada orang lain didalamnya. Orang tersebut adalah istri pertamanya yaitu Mineko yang sebenarnya sudah meninggal 50 tahun yang lalu. Awalnya kakek Shojiro mengira Mineko ini adalah orang suruhan yang ingin menjatuhkan dirinya dengan membuat skandal, namun kenyataannya Mineko benar-benar sama dengan Mineko yang dia kenal. Hari-hari mereka lalui dengan saling menumpahkan emosi antara kakek Shojiro dan Mineko. Hingga tiba hari ke enam, Mineko mendatangi pemuda itu untuk memenuhi janjinya. Dalam keadaan bingung, pemuda itu menuruti keinginan Mineko dengan menempelkan tangannya ke leher Mineko. Tubuh Mineko mendadak hilang seperti air yang tumpah. Seiring kejadian tersebut, ingatan pemuda itu telah kembali walau belum sepenuhnya. Dia ingat, jika dirinya bertugas membunuh orang-orang yang hidup kembali.

Komik ini memiliki cerita yang sangat menarik dan seru walau ada bagian yang membingungkan tetapi kalau dipandang dari sudut agama, cerita dalam komik ini bisa menjadi kontroversial.
Bercerita tentang seorang pemuda berambut perak yang bertugas membunuh orang-orang yang hidup kembali. Orang-orang tersebut hidup kembali jika ada seseorang yang melihat benda besar berbentuk lonjong yang diyakini sebagai kapal Nuh. Jika dia sengaja atau tidak sengaja mengingat orang yang sudah mati, maka orang tersebut akan hidup selama enam hari. Pemuda itu akan mengikuti orang yang hidup kembali hingga tiba saatnya di hari ke enam untuk di lenyapkan. Cerita tentang hubungan emosional antara orang yang mengingat dan orang yang hidup kembali membuat cerita komik ini menjadi sangat menyentuh.
Seorang wartawan bernama Inunuma awalnya menganggap cerita tentang Zenith ini hanyalah omong kosong, sampai dia bertemu dengan profesor Robert Todo dan Iwao seorang pembunuh berantai yang sebenarnya sudah meninggal. Inunuma juga bertemu dengan seorang pelukis yang bisa membaca hatinya dan bertingkah laku layaknya seperti Tuhan. Setelah dirinya hampir terbunuh oleh Iwao, Inunuma menjadi terobsesi dengan Zenith dan menyelidiki asal usul pemuda berambut perak. Dari buku harian yang di tinggalkan profesor Robert Todo di Seattle, Inunuma mengetahui awal kejadian yang bermula dari Skandinavia ketika di temukan naskah kuno di bawah tanah ruangan gereja. Naskah tersebut menjadi perdebatan antara pendeta Sullivan dan profesor Robert Todo karena di bagian awal naskah kuno tertulis kata-kata yang mengerikan yaitu 'Dia yang menciptakan dunia tak bisa memahami perasaan manusia'. Pendeta Sullivan meyakini jika Bapa di Surga tidak mungkin tidak tahu sedangkan profesor Robert Todo menganggap itu adalah kebiasaan buruk jika berfikir kalau Tuhan adalah yang maha kuasa. Dalam komik ini juga ada beberapa pertanyaan mengenai Tuhan, seperti apakah Tuhan sudah lebih dulu menentukan dimana tetes pertama air hujan akan jatuh.
Komik ini tamat di jilid 6 dan semua kebingungan yang ada terjawab di jilid terakhir.

Nilai = 9.5/10
Pengarang  = Satoshi Yoshida, Big O
Gambar = Satoshi Yoshida
Jumlah Buku = 6 (tamat)
Penerbit = Level
Tahun terbit di Indonesia = 2009 - 2011
Jenis = Mystery, Sci-fi, Slice of Life, Supernatural
DQ Review Komik


Contoh Gambar

No comments:

Post a Comment