Sunday, December 2, 2012

PSYCHIC DETECTIVE YAKUMO





"Saitou Yakumo, mahasiswa tahun ke 2 yang wajahnya selalu tidak ramah. Ucapannya selalu sinis dan bertindak semaunya. Dia bisa melihat dan mendengarkan suara arwah, namun tidak bisa menyucikan mereka agar bisa naik ke dunia selanjutnya. Yakumo menguraikan pesan yang ditinggalkan arwah dan menguak dosa-dosa manusia..."

Ozawa Haruka mendatangi klub Asosiasi Periset Film yang kabarnya ada orang hebat disana. Benar saja, Haruka menjumpai seorang pemuda yang baru saja menang taruhan tebak kartu. Pemuda itu bernama Saitou Yakumo. Haruka langsung mengutarakan maksud kedatangannya untuk menolong sahabatnya Miki yang masih belum sadar di RS akibat mengikuti uji nyali. Saat hendak keluar, Haruka menyadari trik yang dilakukan Yakumo agar menang tebak kartu, yaitu menggunakan cermin dan dia menganggap Yakumo adalah penipu. Namun dia mencoba untuk percaya setelah Yakumo mengatakan dia melihat roh Ayaka, kakak kembarnya yang sudah meninggal. Yakumo pun bersedia ikut menjenguk Miki ke RS. Menurut Yakumo, Miki sedang dirasuki oleh arwah perempuan muda yang seumuran dengan mereka. Yakumo menjelaskan dia hanya bisa melihat arwah dan berkomunikasi dengannya tapi tidak bisa mengusir arwah dengan kemampuan psikis atau mantra-mantra. Namun arwah tersebut bisa lepas jika bisa menghilangkan alasan yang membuat arwah terikat pada dunia. Untuk itu Yakumo mengajak Haruka menyelidiki dan mencari tahu siapa sebenarnya arwah perempuan tersebut.

Komik bertema detektif ini memiliki cerita yang sangat bagus walaupun hanya 2 jilid saja. Bercerita tentang Saitou Yakumo, mahasiswa sinis dengan rambut berantakan dan mata yang tampak mengantuk. Namun dia memiliki kemampuan melihat arwah dengan mata kirinya yang sejak lahir berwarna merah. Yakumo yang biasanya cuek namun jika dia diminta bantuan yang berhubungan dengan arwah maka dia akan segera bergerak. Kasus yang ditemui dalam komik ini tidaklah rumit seperti kasus dalam komik Conan atau Kindaichi bahkan saya sudah bisa menebak siapa pelaku kejahatannya. Namun cara pemecahannya, latar belakang kasus dan alasan arwah tersebut masih gentayangan itu yang membuat cerita komik ini tetap menarik.

Nilai = 9.5/10
Pengarang  = Manabu Kaminaga
Gambar = Ritsu Miyako
Jumlah Buku = 2 (tamat)
Penerbit = M&C
Tahun terbit di Indonesia = 2009 - 2010
Judul Asli = Shinrei Tantei Yakumo
Jenis = Mystery, Psychological, Supernatural
DQ Review Komik


Contoh Gambar

No comments:

Post a Comment