Saturday, December 29, 2012

KARAMAZOV BERSAUDARA





"Rusia di abad 19... Jaman kapal uap, kereta api dan kebebasan. Aturan kepemilikan para petani oleh para bangsawan dihapuskan, dan dari barat datang revolusi industri. Kebebasan mulai berani diekspresikan, para petani akhirnya bisa memiliki tanah sendiri..., tapi sebenarnya tanah itu adalah tanah yang disewa secara mahal dari bangsawan. Dan kehidupan tidak adil yang menguntungkan bangsawan dan para rahib masih tetap berlangsung. Cerita ini menceritakan masa muda Alyusha, tokoh utama dan putra ketiga keluarga Karamazov beserta kakak-kakaknya, Ivan dan Dimitri."

Fyodor Karamazov bersiap menyambut kedatangan ketiga putranya yaitu Dimitri yang pemberani yang masuk tentara, Ivan yang intelek dan belajar di Moskow dan Alyusha yang baik hati dan masuk biara. Setelah Ivan dan Alyusha tiba, tanpa basa basi Fyodor langsung menunjukkan kebejatannya dengan mengatakan tidak akan memberikan uang walau 1 rubel pun kepada mereka. Fyodor berterus terang dirinya memerlukan banyak uang untuk bersenang-senang menikmati hidup. Mendadak pintu terbuka dan masuklah Dimitri yang terlihat emosi. Konflik terjadi diantara Fyodor dan Dimitri karena Fyodor akan menikahi Grushenka pacar dari Dimitri, sedangkan Dimitri sendiri sudah punya tunangan bernama Katherina yang tidak dicintainya. Tidak tahan menahan emosi, Dimitri memukul ayahnya sendiri sampai pingsan. Gregory, pesuruh setia dan Alyusha menahan Dimitri yang masih ingin meneruskan niatnya membunuh Fyodor. Begitulah kehidupan keluarga Karamazov yang selalu ramai, bahkan tidak cocok jika disebut sebagai keluarga bangsawan.

Komik ini merupakan salah satu series dari World's Masterpiece. Diadaptasi dari novel klasik The Brothers Karamazov karya Fyodor Dostoyevsky yang berkebangsaan Rusia. Untuk lebih jelasnya mengenai novel ini bisa berkunjung ke The Brothers Karamazov. Komik ini isinya lebih tebal 2 kali lipat dari seri World's Masterpiece lainnya.
Bercerita tentang kehidupan keluarga Karamazov. Sang ayah, Fyodor Karamazov adalah sosok ayah yang tidak bermoral yang gemar bermain wanita, minum-minuman dan hura-hura. Fyodor memiliki tiga anak yaitu Dimitri, Ivan dan Alyusha, namun dia sendiri tidak peduli dengan anak-anaknya. Ketiga anaknya tumbuh besar dengan diasuh oleh keluarga yang berbeda.
Konflik mulai terjadi ketika ketiga anaknya telah dewasa, Fyodor berniat menikahi Grushenka pacar dari Dimitri dengan menggunakan uangnya. Dimitri tidak bisa menerima niat Fyodor dan berniat membunuhnya. Sementara Alyusha berkeliling untuk membantu penduduk yang menjadi korban dari sang ayah dan kemarahan Dimitri. Sedangkan Ivan yang seorang atheis, tanpa sadar dirinya dijadikan panutan oleh seseorang untuk melakukan kejahatan. Kasus pembunuhan yang membuat dirinya menjadi sangat terpukul.

Nilai = 9/10
Pengarang  = Fyodor Dostoyevsky
Gambar = Variety Art Works
Jumlah Buku = 1 (tamat)
Penerbit = Elex Media
Tahun terbit di Indonesia = 2010
Judul Asli = Manga de Dokuha -  The Brothers Karamazov by Dostoyevsky
Jenis = Drama, Historical
DQ Review Komik


Contoh Gambar

No comments:

Post a Comment