Friday, December 28, 2012

FAUST





"Faust, seorang ilmuwan cemerlang tetapi sedang di landa rasa bosan dan putus asa. Ia menginginkan pengetahuan yang lebih tinggi lagi. Untuk memenuhi ambisinya, Faust membuat perjanjian dengan Mephistopheles. Dengan kekuatannya Mephistopheles akan memenuhi ambisi Faust sebagai gantinya Mephistopheles akan mendapatkan jiwa Faust dan Faust akan terkutuk selamanya...."

Georg Faust seorang ilmuwan tua, setelah mendapatkan gelar Doktor, dirinya masih merasa pengetahuannya yang didapat masih kurang. Dia masih ingin mengetahui zat yang mengatur alam semesta karena baginya hanya itu yang bisa mengubah hidupnya yang hampa. Faust menyesali hidupnya yang hanya menghabiskan waktu belajar dengan membaca buku dan melakukan penelitian. Di usianya yang sudah semakin tua, Faust merasa telah menjalani hidup tanpa merasakan rasa sebagai makhluk hidup. Di puncak keputusasaannya Faust memutuskan untuk bunuh diri dengan meminum racun, dia ingin membuktikan sendiri jawaban kemana manusia akan pergi jika mati. Tiba-tiba seekor anjing hitam menerjang dirinya hingga membatalkan niatnya. Anjing tersebut berubah menjadi sosok yang diyakini Faust sebagai iblis. Iblis bernama Mephistopheles itu menawarkan Faust kesempatan untuk mengulang hidupnya kembali dengan menjadi muda namun dengan syarat jika dia mati nanti, rohnya akan diberikan kepada Mephistopheles. Faust tanpa ragu menerima tawaran Mephistopheles. Setelah dirinya menjadi muda, bersama Mephistopheles sebagai abdi setianya, Faust menjalani hidupnya kembali dengan mencari apa yang telah dilewatkannya selama ini.

Komik ini merupakan salah satu series dari World's Masterpiece. Di adaptasi dari karya klasik sastrawan Jerman bernama Johann Wolfgang von Goethe berjudul Faust yang terbagi menjadi 2 bagian. Untuk lebih jelasnya bisa berkunjung ke Goethe's Faust.
Bercerita tentang Faust, ilmuwan tua yang mengalami kegelisahan hidup dengan mempertanyakan eksistensi Tuhan dan Kehidupan. Setelah melakukan perjanjian dengan  Mephistopheles, Faust menjalani hidup barunya dengan kembali muda. Di awali dengan kisah cintanya bersama seorang gadis bernama Gretchen yang berakhir dengan tragis sampai akhirnya kegelisahan yang dialami Faust menghilang ketika dirinya menyadari arti dari kehidupan.

Nilai = 9.5/10
Pengarang  = Johann Wolfgang von Goethe
Gambar = Variety Art Works
Jumlah Buku = 1 (tamat)
Penerbit = Elex Media
Tahun terbit di Indonesia = 2010
Judul Asli = Manga de Dokuha - Faust by Goethe
Jenis = Historical, Mystery
DQ Review Komik


Contoh Gambar

No comments:

Post a Comment