Saturday, December 15, 2012

ENGLISH SCHOOL WAR





"Kiko Arisugawa, siswi SMA yang terpaksa harus ikut percakapan bahasa Inggris karena sebentar lagi orangtuanya akan pindah ke New York. Ish G Kilroy, pemuda asing yang bekerja sebagai guru bahasa Inggris yang sama sekali tidak tertarik dengan gadis-gadis Jepang. Walaupun mereka adalah guru dan murid di kursus percakapan bahasa Inggris yang diikuti Kiko, namun takdir mempertemukan mereka justu sebelumnya, saat mereka berebut ikan kalengan di toko 100 Yen!"

Tokoh utama komik ini adalah Kiko Arisugawa, yang terpaksa harus belajar bahasa Inggris karena kedua orangtuanya akan pindah ke New York. Sebenarnya dirinya masih ragu dan belum siap untuk belajar, tapi dia harus tetap bergabung ke dalam tempat kursus tersebut. Pertemuan pertama kalinya dengan pengajar bule, Ish G Kilroy, terjadi di toko 100 Yen kala mereka berebut ikan kaleng. Semenjak itu mereka sering bersama walaupun percakapan mereka tidak nyambung, Ish tetap menggunakan bahasa Inggris sedangkan Kiko tetap menggunakan bahasa Jepang. Terkadang Kiko memaksakan diri berbicara bahasa Inggris dengan logat Jepang yang lucu seperti Ekusu Kyuuzu Mii (Excuse Me), Yuuu Aaa Miiin (You are Mean), Shii Yuuu (See You). Terjalin persahabatan antara Kiko yang suka kesal dan Ish yang cuek dan suka bicara tanpa basa basi. Mereka semakin saling mengenal satu sama lain ketika Ish tinggal satu rumah dengannya. Bermula karena apartement tempat tinggal Cart dan Ish terbakar. Mereka ditawari oleh ibunya Kiko untuk tinggal bersama.

Cerita komik ini lumayan menghibur, mengambil tema belajar bahasa Inggris dari sudut pandang orang Jepang. Di setiap beberapa halaman, pengarang memasukkan beberapa kosa kata dan cara membacanya dalam huruf Jepang, ternyata ribet juga kalau belajar bahasa Inggris dibaca memakai huruf Jepang.

Nilai = 8/10
Pengarang  =  Tomo Matsumoto
Gambar = Tomo Matsumoto
Jumlah Buku = 2 (tamat)
Penerbit = Elex Media
Tahun terbit di Indonesia = 2010
Judul Asli = Eikawa School Wars
Jenis = Drama
DQ Review Komik


Contoh Gambar

No comments:

Post a Comment