Sunday, December 30, 2012

THE SICKNESS UNTO DEATH





"Semua manusia memiliki keputusasaan dalam diri mereka. Begitulah yang diyakini Kierkegaard. Bakat kepintarannya diketahui oleh ayahnya, dan ia mendapatkan pendidikan yang keras sejak kecil. Untuk mengejar cita-cita impian ayahnya menjadi pendeta, sejak kecil Kierkegaard mendapat pendidikan moral dengan ketat dan seksama. Keseimbangan Kierkegaard makin rapuh ketika pada suatu hari sebuah rahasia besar keluarganya terbuka!!"

"Kata dokter, tak ada manusia yang benar-benar sehat. Manusia itu pasti memiliki suatu penyakit, parah atau tidak... Kata Kierkegaard, manusia pasti memiliki suatu keputusasaan di dalam dirinya seperti halnya penyakit.... Di dunia ini tak ada manusia yang tidak putus asa, dan putus asa inilah penyakit yang mematikan."

Masamichi Aida adalah anak SMU yang bermasalah karena tidak bisa membangun hubungan dengan orang lain. Tidak punya teman akrab dan dirinya hanya dimanfaatkan oleh siswa lainnya. Di rumah, Masamichi pun mendapat tekanan dari sang ayah untuk belajar keras agar bisa mengikuti kesuksesan sang ayah. Dalam pikiran Masamichi mulai timbul rasa benci pada diri sendiri.
Hari-hari yang dilaluinya sama seperti hari biasa yang tidak bisa diubah. Di atas jembatan terbesit pikiran Masamichi untuk terjun dari sana. Tapi lamunannya pecah lantaran sapaan dari bibi Haruko. Di hadapan bibi Haruko, Masamichi bisa dengan lepas menceritakan masalah yang dihadapinya. Dia bosan pada dirinya sendirinya dan merasa putus asa pada dirinya sendiri.
Mendengar cerita Masamichi, bibi Haruko teringat kepada seorang filsuf abad 19 bernama Kierkegaard. Bibi Haruko menceritakan hasil penelitian keputusasaan yang ditulis Kierkegaard dalam sebuah buku berjudul The Sickness Unto Death.

Komik ini merupakan salah satu series dari World's Masterpiece. Diadaptasi dari buku The Sickness Unto Death yang berisikan konsep Soren Aabye Kierkegaard tentang rasa putus asa. Untuk mengetahui lebih jelas tentang buku ini bisa berkunjung ke The Sickness Unto Death.
Komik ini bercerita tentang siswa SMU bernama Masamichi yang tengah dilanda rasa putus asa. Bibi Haruko berusaha membebaskan Manamichi dari rasa putus asa dengan menceritakan konsep Kierkegaard tentang putus asa. Sepanjang komik ini terjadilah tanya jawab antara Masamichi dengan bibi Haruko. Kisah hidup Kierkegaard digambarkan sejak dari membenci sang ayah sampai akhirnya berdamai dengan sang ayah.
Walaupun konsep putus asa digambarkan dalam bentuk komik agar mudah dipahami namun bagi saya masih cukup njelimet untuk memahaminya. Namun saya sadari, jenis putus asa yang dijelaskan dalam komik ini terjadi pada diri saya sendiri. Saya juga yakin terjadi juga pada orang lain seperti kebiasaan mengeluh dan berkhayal ingin menjadi seseorang sesuai impian. Tidak bisa menerima diri sendiri. Senang diatas penderitaan orang lain. Bahkan sampai yang paling parah melakukan bunuh diri atau melakukan kejahatan dengan merasa dirinyalah korban sebenarnya dengan menyalahkan orang lain atau lingkungan.

Nilai = 9/10
Pengarang  = Soren Aabye Kierkegaard
Gambar = Variety Art Works
Jumlah Buku = 1 (tamat)
Penerbit = Elex Media
Tahun terbit di Indonesia = 2010
Judul Asli = Manga de Dokuha -  The Sickness Unto Death by Kierkegaard
Jenis = Historical, Slice of Life
DQ Review Komik


Contoh Gambar

No comments:

Post a Comment