Tuesday, November 25, 2014

HELLBOY - BENIH KEHANCURAN





"Di sebuah pulau kecil di Skotlandia, Pasukan Nazi menugaskan Grigori Rasputin untuk membangkitkan iblis yang sangat kuat bernama Ogdru-Jahad... Di sebuah desa di Inggris, pasukan Amerika yang ditemani oleh Torch of Liberty dan Profesor Trevor Bruttenholm menemukan anak kecil yang bertanduk dan berkulit merah bagaikan setan. Profesor Bruttenholm kemudian menamainya 'Hellboy'... Ketika Profesor Bruttenholm terbunuh, Hellboy yang ditemani oleh Liz Sherman dan Abe Sapien berangkat menuju Cavendish Hall untuk menyelidiki dalang di balik peristiwa ini. Apakah semua kejadian ini ada kaitannya dengan Rasputin dan usahanya untuk membangkitkan Ogdru-Jahad dari Abyss?"

Komik ini bercerita tentang petualangan Hellboy, investigator masalah Okult yang terkenal di dunia, agen lapangan untuk Biro Riset dan Pertahanan Paranormal AS. Hellboy adalah makhluk dari neraka yang dipanggil ke dunia di jaman Perang Dunia II oleh Nazi dengan bantuan penyihir Grigori Rasputin. Hellboy kecil diselamatkan dari tangan Nazi dan kemudian dibesarkan oleh Tentara dan Biro Riset dan Pertahanan Paranormal AS sampai dewasa dan resmi bekerja menjadi agen di biro tersebut.
Seharusnya komik ini yang saya baca lebih dulu daripada komik Hellboy - Peti Mati Berantai dan Kisah Lain karena di komik inilah diceritakan asal mula lahirnya Hellboy ke dunia. Terdiri dari 1 cerita panjang yang memiliki cerita yang seru dan 2 cerita pendek tempelan yang hanya sekedar pemanis saja. Gambar di dalamnya tetap oke, pernuh warna, bagus dengan ciri khasnya siluet hitam yang menawan.

Hellboy saat pertama kali ditemukan
Cerita diawali dengan sebuah eksperimen yang dilakukan oleh pasukan Nazi dan Grigori Rasputin untuk memanggil Ogdru-Jahad dari dasar kegelapan namun mengalami kegagalan. Sementara itu di sebuah gereja terbengkalai di East Bromwich, Inggris, pasukan tentara AS dengan dibimbing 3 paranormal menemukan sosok anak kecil yang berwujud menyerupai setan yang diberi nama Hellboy oleh Profesor Bruttenholm. (Cerita lahirnya Hellboy versi film dan komik ternyata berbeda). 35 tahun kemudian, Hellboy dipanggil untuk bertemu dengan Profesor Bruttenholm yang dikabarkan hilang setelah mengikuti ekspedisi Cavendish. Hampir 10 bulan berlalu sejak ekspedisi Cavendish ke Antartika dinyatakan hilang tanpa jejak. Profesor Bruttenholm dengan ketakutan menceritakan peristiwa mengerikan yang dialaminya bersama keluarga Cavendish saat menemukan sebuah kuil tua. Tiba-tiba Profesor Bruttenholm menjadi panik melihat banyak katak di dalam ruangan. Monster katak berukuran besar menyerang mereka. Profesor Bruttenholm tewas namun Hellboy berhasil menewaskan monster katak tersebut. Untuk menyelidiki dalang kematian Profesor Bruttenholm, Hellboy mendatangi Balai Cavendish, bangunan berusia 150 tahun yang sekarang ditempati oleh Lady Emma Cavendish, ibu dari tiga orang anak pria Cavendish yang hilang dalam ekspedisi Cavendish bersama Profesor Bruttenholm. Hellboy datang dengan ditemani oleh Elizabeth Anne Sherman, wanita yang mempunyai kemampuan menciptakan api dan Abe Sapien sang manusia ikan. Tanpa disadari oleh mereka sebuah rencana jahat telah dipersiapkan untuk menjebak mereka. Rencana jahat yang berhubungan dengan masa lalu Hellboy.

Nilai = 9/10
Pengarang  = Mike Mignola
Gambar = Mike Mignola
Jumlah Buku = 1 (tamat)
Penerbit = M&C
Tahun terbit di Indonesia = 2010
Judul asli = Hellboy: Seed of Destruction
Jenis =  Action, Horror, Supernatural
DQ Review Komik


Contoh Gambar

No comments:

Post a Comment