Thursday, November 13, 2014

MJM - MANUSIA JUGA MONJET





"Wayang adalah milik kita, bangsa Indonesia. Semua bisa belajar kepada wayang, mengambil inspirasi darinya, bahkan tertawa bersamanya. Komik ini buktinya. Sangat suka! - Piyoyo Amrih (Novelis Dunia Wayang)"

"Bikin kecanduan!!! - Johan Tri Handoyo (Animation Director 'Si Nini')"

"Komik ini mengajarkan moral, tanpa menggurui. Joke-nya menyentil banyak pihak, mungkin termasuk anda? - Ami Raditya (Kreator Vandaria Saga)"

"Materi dengan kontent budaya lokal nggak harus membosankan! Komik ini membuktikan bahwa kekayaan budaya kita bisa dikemas dengan gaya yang populer, asyik dibaca, dan sangat menghibur! - Ivan Chen (Kreator Majapahit online-Anantarupa Studios)"

Komik 3 jilid ini merupakan karya komikus lokal kita. Ukuran komiknya lebih besar dari komik biasa dan covernya sangat memikat dengan tampilan tulisan dan gambar timbul. Tokoh-tokoh dalam komik ini kebanyakan terinspirasi dari tokoh-tokoh wayang. Mereka adalah Naradja, Baning, Laksmi. Indrajit, Unyu, Tjakil dan Angkasura. Ada juga dari non wayang seperti Kotjlok, Jinkers, Daisy dan Potji. Sebenarnya masih ada tokoh-tokoh lain yang tidak disebutkan disini. Masing-masing karakter mewakili sifat-sifat yang ada pada manusia. Mereka saling berinteraksi bergantian membahas masalah sosial yang umum terjadi di Indonesia. Mulai dari masalah pacaran dengan rayuan gombal, dosen dan mahasiswa, polisi lalu lintas dan pelanggar, korupsi anggota DPR, motivator yang menggampangkan masalah, dokter yang selalu memberi obat antibiotik, demam Justin Bieber dan KPop, Facebook serta banyak lagi.
Gambar di dalamnya sederhana dan terkadang berulang-ulang tapi tidak menjadi masalah karena adegan dalam komik ini lebih banyak berisikan adegan percakapan. Beberapa gambar karakter yang dijadikan meme juga menambah kelucuan tersendiri pada saat wajah mereka tiba-tiba berubah menjadi marah, sedih, kaget. Karakter favorit saya di sini adalah Tjakil, sosok yang selalu ketiban sial karena kepolosannya. Memang kebanyakan kelucuan dalam komik ini hanya kelucuan-kelucuan yang sederhana tapi secara keseluruhan tetap memberikan hiburan.

Nilai = 9/10
Pengarang  = Bonnie Soeherman
Gambar = Animotion Studio
Jumlah Buku = 3 (tamat)
Penerbit = Elex Media
Tahun terbit di Indonesia = 2012
Jenis = Comedy
DQ Review Komik

Kelucuan 1

Kelucuan 2

No comments:

Post a Comment