Monday, November 3, 2014

BINATANG JATUH





"Bacaan gila yang waras banget! Sebuah satir-fantasi yang berhasil dan mungkin akan menjadi gaya khas Erick di masa mendatang! Bacaan ini hukumnya 'wajib baca' kalau anda memang waras banget! - Toni Masdiono Provokator Cergam."

"Orangtua siluman, imbas  kesilumanan mereka di kehidupan anak-anaknya dan ide untuk ngejudulin komik ini 'Binatang Jatuh'. Cuma Erick yang punya imajinasi dan permainan kata seseru ini. Mau bertualang ke dunia yang enggak pernah kamu bayangin? Baca, deh, komik ini. - Sundea penulis buku anak dan pecinta matahari."

"Ketika imajinasi masa kanak-kanak bertemu dengan pahitnya kehidupan dan disampaikan melalui sekuens-sekuens yang memotret fragmen realitas, nafsu, hasrat, ide, harapan, mimpi, dan cita-cita banyak orang, muncullah BINATANG JATUH! Sebuah karya apik dari Erick Sulaiman yang mengangkat sinergi dan konflik antar nilai dalam masyarakat kita - Alvanov Spalanzani Konsultan komik, Penulis Martabak Komikita & Histeria Komikita."

Komik ini merupakan karya komikus lokal kita. Ukuran komiknya lebih besar dari komik biasa dan semua halamannya berwarna. Yang membuat komik ini unik adalah gambarnya, stylenya seperti komik Amrik. Sedangkan untuk ceritanya lebih cocok ditujukan untuk anak-anak. Memberi pelajaran anak-anak untuk menghargai orangtua begitu juga sebaliknya. Komik ini bercerita tentang sekumpulan anak-anak yang menginginkan perubahan pada orangtuanya masing-masing. Mereka adalah Rani, Grace, Krisna, Roki, Michael, Eduardo dan Ulil. Dalam perjalanan menuju rumah pak Agung, ayahnya Ulil untuk keperluan tugas sekolah mereka terjebak dalam angkot yang mogok di tengah hujan deras di daerah yang sepi. Sambil menunggu supir angkot kembali mencari bantuan, mereka saling curhat tentang kebiasaan orangtua masing-masing. Ulil mengeluh sifat ayahnya yang sibuk dan suka merokok, Rani mengeluh sifat ayahnya yang gampang marah dan susah dinasihati, Grace mengeluh sifat ibunya yang ingin dirinya selalu tampil cantik dan modis, Krisna mengeluh sifat ayahnya yang menjabat ketua RT tapi dingin dan cuek, Roki mengeluh sifat ayahnya tidak henti-henti menasehatinya, Michael dan Eduardo mengeluh sifat ibunya yang gemar mandi berlama-lama. Tanpa terasa hari sudah malam  dan tiba-tiba melintaslah bintang jatuh. Masing-masing dari mereka membuat permohonan yang ternyata berdampak kepada orangtua mereka. Keesokan harinya mereka mendapati orangtua mereka telah berubah menjadi binatang dan sedang diburu oleh Satpol PP. Orangtua mereka terpaksa melarikan diri mencari tempat yang aman untuk bersembunyi. Rani cs merasa cemas dengan keadaan orangtua mereka masing-masing. Mereka kembali berkumpul untuk melakukan perjalanan menemui orangtua mereka di tempat persembunyian.

Nilai = 8.5/10
Pengarang  = Erick Sulaiman
Gambar = Erick Sulaiman
Jumlah Buku = 1 (tamat)
Penerbit = M&C (Koloni)
Tahun terbit di Indonesia = 2010
Jenis =  Fantasy
DQ Review Komik


Contoh Gambar

No comments:

Post a Comment