Friday, November 21, 2014

RED HAIRED ANNE





"Matthew dan Marilla dua bersaudara yang tinggal di Green Gables memutuskan untuk mengadopsi anak laki-laki dari panti asuhan. Akan tetapi yang datang justru seorang anak gadis yang suka berimajinasi bernama Anne."

Komik ini diadaptasi dari 3 novel terkenal karya Lucy Maud Montgomery, penulis dari Kanada yang berjudul Anne of Green Gables di tahun 1908,  Anne of Avonlea di tahun1909 dan Anne of the Island di tahun 1915. Untuk lebih detilnya tentang ketiga novel tersebut bisa menuju ke Anne of Green Gables, Anne of Avonlea dan Anne of the Island. Jumlah komik Red Haired Anne yang terbit di Indonesia ada 5 jilid dimana jilid 1-3 diambil dari Anne of Green Gables, jilid 4 dari Anne of Avonlea dan jilid 5 dari Anne of the Island. Berawal ketika keluarga Cuthbert yang terdiri dari kakak beradik yaitu Matthew dan Marilla yang berkeinginan untuk mengadopsi anak laki-laki dari panti asuhan. Karena terjadi kesalahan justru yang ditemui Matthew adalah anak perempuan bernama Anne Shirley yang tengah menantinya. Melihat wajah Anne yang tampak begitu bahagia membuat Matthew tidak tega untuk menolak dan membawa Anne pulang ke rumah. Namun Marilla tidak menerima kehadiran Anne karena yang dia perlukan adalah anak laki-laki yang bisa membantu pekerjaan Matthew. Keesokan harinya Marilla membawa Anne untuk dikembalikan tapi Marilla jadi berubah pikiran setelah di sepanjang perjalanan mendengarkan celoteh Anne tentang hidupnya. Matthew dan Marilla akhirnya memutuskan Anne untuk tinggal bersama mereka.

Komik ini memiliki cerita yang bagus dan sangat nyaman dibaca sampai selesai. Bercerita tentang anak perempuan bernama Anne Shirley yang memiliki sifat periang, suka bicara ceplas ceplos, cerewet, keras kepala dan terkadang kasar seperti anak laki-laki. Paling tidak suka jika orang lain mengejek rambutnya yang berwarna merah. Anne tinggal bersama kakak beradik Cuthbert yang sudah tua yaitu Matthew, pria yang baik dan sabar dan Marilla, wanita yang keras dan tegas. Anne memiliki sahabat karib bernama Diana Barry dimana mereka berdua telah berjanji untuk selalu menjadi sahabat sejati. Selain membantu pekerjaan rumah, Anne juga disekolahkan oleh keluarga Cuthbert untuk mendapat pendidikan dan menjadi gadis yang pintar. Di sekolah tersebut Anne bertemu dengan sahabat-sahabat baru termasuk Gilbert anak laki-laki yang berani menjahilinya.
Ilustrasi komik ini dibuat oleh Yumiko Igarashi yang terkenal dengan karyanya komik Candy Candy jadi ketika membacanya serasa ada aura Candy Candy di dalamnya. Pembaca dibuat gemas melihat kelakuan Anne yang selalu bersemangat tapi mudah merasa bersalah jika melakukan kesalahan. Perjalanan hidup Anne dari sejak kecil sampai dewasa memberikan aneka warna dalam komik ini. Suka duka ketika tinggal di desa, bersekolah sampai kuliah. Suasana dan kehidupan awal tahun 1900-an di Kanada juga dapat dirasakan pembaca. Sebenarnya komik ini lebih ditujukan untuk dibaca anak cewek karena percakapan-percakapannya yang girly banget. Tapi tidak ada salahnya dibaca oleh cowok. Buktinya saya menyukainya. Cerita klasik yang saya rekomendasikan untuk dibaca.

Nilai = 9.5/10
Pengarang  = Lucy Maud Montgomery
Gambar = Yumiko Igarashi
Jumlah Buku = 5 (tamat)
Penerbit = Elex Media
Tahun terbit di Indonesia = 2011
Judul Asli = Akage no Anne
Jenis = Drama, Slice of Life
DQ Review Komik


Contoh Gambar

1 comment: