Monday, December 30, 2013

WAR AND PEACE





"Berlatar belakang invasi Napoleon ke Rusia, War and Peace menceritakan lima keluarga bangsawan - Bezukhov, Bolkonsky, Rostov, Kuragin dan Drubetskoy - serta bagaimana invasi tersebut mempengaruhi kehidupan mereka. Bezukhov sangat kaya tetapikeluarganya tercerai berai. Bolkonsky adalah keluarga bangsawan kuno. Keluarga Rostov menguasai banyak tanah tetapi selalu kekurangan uang. Keluarga Kuragin memiliki tiga anak yang karakternya patut dipertanyakan sementara keluarga Drubetskoy adalah bangsawan miskin."

"Awal abad ke 19, Eropa Barat di tengah kekacauan. Dan sumber kekacauan itu adalah keberadaan Napoleon, tokoh revolusi. Napoleon yang menjadi kaisar pada akhir revolusi Perancis bergerak untuk menguasai seluruh Eropa. Negara-negara Eropa yang menentang gerakan ini membentuk sekutu melawan Perancis. Dan revolusi berkembang menjadi perang." 

Komik ini merupakan salah satu series dari World's Masterpiece. Diangkat dari sebuah novel berjudul War and Peace karya Leo Tolstoy, pengarang dari Rusia. Untuk mengetahui lebih jelas tentang novel War and Peace bisa berkunjung ke War and Peace.
Cerita dalam komik ini dibagi dalam 5 bagian. Bagian 1 sampai 3 fokus kepada 3 karakter penting yang terlibat yaitu Andrei, Pierre dan Natasha. Bagian 4 berisikan pendudukan Perancis ke Rusia dan bagian ke 5 yang terakhir adalah semangat dari orang-orang Rusia untuk bangkit kembali setelah invasi Perancis.
Andrei, anak dari keluarga Bolkonsky yang juga seorang prajurit ajudan jenderal Kutuzov. Andrei selamat dari pertempuran di Austerlitz. Pulang ke Moskow dia harus menerima kenyataan jika Lisa, istrinya telah meninggal saat melahirkan anak mereka. Andrei merasakan dirinya orang yang bodoh karena mengikuti pertempuran yang dianggapnya sia-sia. Tidak mendapat apa-apa dan tidak bisa melindungi apa-apa.
Pierre, sahabat Andrei, lahir dari keluarga bangsawan kaya Bezukhov, dan dalam usia muda mendapat warisan besar dan kedudukan tinggi. Memiliki masalah dengan pernikahannya dengan Elena. Piere tidak merasakan kebahagiaan menikah dengan Elena Kuragin yang hanya mengincar gelar dan hartanya.
Natasha, gadis yang polos dan lugu dari keluarga Rostov. Diam-diam jatuh cinta kepada Andrei dan cintanya pun bersambut. Mereka berencana menikah tapi harus mengikuti syarat yang diberikan oleh Count Bolkonsky agar pernikahannya di tunda selama setahun. Ada pria lain yang menyukainya yaitu Anatoly Kuragin yang nyaris memperkosanya. Beruntung Pierre berhasil menyelamatkannya. Namun semenjak kejadian itu Natasha merasa dirinya menjadi gadis yang kotor dan tidak pantas dicintai oleh Andrei.
Sementara itu pasukan Perancis berhasil merangsek masuk ke Moskow setelah sebelumnya menjalani perang yang berlangsung lama. Sebagian besar penduduk Moskow telah mengungsi sebelumnya.
Namun apa yang didapat selanjutnya hanyalah kekacauan yang dibuat oleh prajurit Perancis. Mereka membakar kota, mencuri, merampok, membunuh dan memperkosa. Moral pasukan Perancis terus menurun dan itu membuat kecewa Napoleon karena moral pasukannya menjadi lebih rendah dari binatang. Akhirnya Napoleon memutuskan untuk mundur karena tidak sanggup lagi mengurusi kekurangan bekal, moral pasukan dan gerakan musuh. Mundurnya pasukan Perancis disambut gembira oleh rakyat Rusia. Peristiwa invasi Perancis ini telah membawa dampak besar terhadap kehidupan 3 tokoh utama komik ini Andrei, Pierre dan Natasha.

Nilai = 9/10
Pengarang  = Leo Tolstoy
Gambar = Variety Art Works
Jumlah Buku = 1 (tamat)
Penerbit = Elex Media
Tahun terbit di Indonesia = 2010
Judul Asli = Manga de Dokuha -  War and Peace by Leo Tolstoy
Jenis = Drama, Historical
DQ Review Komik


Contoh Gambar

No comments:

Post a Comment