Monday, December 16, 2013

5 CM





"Terkadang ketika kita kehilangan sesuatu, saat itu kita baru bisa memahami betapa berharganya hal itu. Hari-hari Genta, Arial, Zafran, Ian dan Riani, lima sahabat yang sejak SMA setiap hari selalu bersama-sama tiba-tiba berubah. Mereka membuat kesepakatan untuk berpisah dan tidak berhubungan sama sekali. Hingga suatu saat lima anak muda ini bertemu kembali untuk melakukan sebuah perjalanan yang belum pernah mereka lakukan sebelumnya. Perjalanan hati, impian dan harapan yang membawa mereka berdiri di salah satu puncak tertinggi di Indonesia.".

"Sisi lain dari novel Best Seller '5 cm', Buku Indonesia sepanjang masa pilihan Good Reads Indonesia."

Satu lagi karya komikus lokal kita yang berkualitas. Di adaptasi dari novel laris 5 cm dan di visualisasikan oleh Is Yuniarto untuk menjadi sebuah komik yang keren habis. Komik ini dikemas dengan cover yang sangat bagus. Terang saja karena covernya hasil kolaborasi Is Yuniarto dan Azisa Noor yang terkenal dengan karya berupa artwork cat air. Selain itu tulisan 5 cm dibuat timbul menambah kesan wah saja.

Tokoh utama komik ini adalah 5 orang sahabat yaitu Genta, Zafran, Arial, Ian dan Riani satu-satunya cewek disini. Sejak SMA mereka selalu bersama-sama sampai sekarang. Ketika sedang berkumpul bersama tiba-tiba Genta mengeluarkan ide untuk tidak bertemu selama 3 bulan. Mencoba untuk keluar dari zona aman mereka. Genta sudah menyiapkan sebuah rencana yang mengejutkan ketika nantinya mereka akan berkumpul yaitu mendaki Mahameru salah satu puncak gunung tertinggi di Indonesia. Sampai tiba waktunya mereka berlima berkumpul di stasiun Senen dengan ditambah kehadiran Dinda adik dari Arial yang memaksa ikut.

Saya tergolong terlambat mengenal kefenomenalan novel 5 cm ini. Pertama kali mengenalnya dari iklan film 5 cm yang dipasang di taksi. Barulah saya sadar dan membuat janji kepada diri sendiri untuk menonton filmnya jika sudah tayang. Karena saya tidak membaca novelnya maka saya bandingkan saja dengan filmnya. Dalam film memang lebih banyak kelucuan-kelucuan yang tidak ada di komiknya terutama yang berhubungan dengan Zafran dan Ian. Ingat ketika bagian Zafran menelpon Dinda untuk menanyakan biasa nongkrong dimana di kampus?. Tapi bagi saya komik ini sudah bisa memberikan pengalaman yang sama ketika menonton filmnya. Saya ikut ketawa melihat tingkah Zafran sebagai seniman, ikut gugup melihat Arial mengajak wanita yang dia taksir, ikut semangat melihat Ian dengan skripsinya, ikut terpana melihat kecantikan Riani dan Dinda dan terakhir ikut trenyuh dengan kisah Genta.

Jalan cerita komik ini dibagi-bagi perchapter untuk setiap karakternya. Penyajiannya sesuai karena bisa lebih fokus untuk mengenal masing-masing karakter. Seperti di filmnya komik ini memberikan pelajaran-pelajaran positif. Pertama tentang arti dari 5 cm yaitu menaruh impian 5 cm di depan kening, biarkan impian itu menggantung agar bisa dilihat dan jangan mudah menyerah untuk menggapainya. Berikutnya tentang arti persahabatan, indahnya alam Indonesia dan rasa nasionalisme yang tinggi karena faktanya Indonesia adalah negara besar.
Beberapa quote menarik yang saya comot dari komik ini.

"Yang kita perlukan adalah kaki yang berjalan lebih jauh dan tangan yang berbuat lebih banyak... Genta"
"Leher yang akan lebih sering melihat ke atas... Arial"
"Mata yang akan menatap lebih lama dari biasanya... Ian"
"Lapisan tekad yang seribu kali lebih keras dari baja... Riani"
"Hati yang akan bekerja lebih keras lagi... Zafran"
'Serta mulut yang akan selalu berdoa! Dinda"

Nilai = 9.5/10
Pengarang  = Donny Dhirgantoro
Gambar = Is Yuniarto
Jumlah Buku = 1 (tamat)
Penerbit = Grasindo
Tahun terbit di Indonesia = 2011
Jenis = Adventure, Slice of Life
DQ Review Komik


Contoh Gambar

No comments:

Post a Comment