Thursday, December 5, 2013

SWEETHEARTS





"Akhirnya, Nina dan mamanya tak lagi tinggal di rumah kontrakan. Nina bahkan bisa bersekolah di SMA swasta bergengsi khusus perempuan, yang jauh lebih baik dari sekolahnya yang dulu. Namun semua 'kemajuan hidup' ini terasa mengganjal bagi Nina.
Nina tahu benar, kepindahan mereka ke rumah mewah ini karena mamanya berhubungan dengan om Rio, pengusaha yang jadi pacar terbaru mamanya. Nina tak yakin, apakah pilihan hidup mamanya ini salah atau benar, terlebih ayah Nina sudah lama tak mengunjungi mereka. Semua terasa tak pasti... sampai Nina bertemu dengan Imel dan gang Sweethearts.
'Kita mungkin nggak bisa mengubah dunia, tapi bukan berarti dunia bisa mengubah kita...'".

Komik ini merupakan adaptasi dari film lokal berjudul Sweetheart di tahun 2010 tapi jujur saja saya belum pernah menonton filmnya. Karena lagi mood pengen baca komik lokal akhirnya bongkar-bongkar komik yang belum dibaca dan ketemulah komik ini.
Tokoh utama komik ini adalah Nina yang baru saja mengalami perubahan hidup. Dia dan ibunya menempati rumah pemberian om Rio setelah ibunya resmi menjadi istri om Rio, tepatnya menjadi istri simpanan. Sebenarnya Nina tidak setuju dengan tindakan sang ibu tapi dia tidak punya pilihan lagi, ayah kandungnya entah kemana sudah tujuh tahun tidak pernah menghubungi mereka.
Di sekolah yang baru Nina bertemu dengan geng cewek bernama Sweetheart. Misha sahabat barunya begitu terobsesi ingin menjadi anggota Sweetheart yang dianggapnya elite. Padahal mereka hanya sekumpulan cewek yang sombong dan merasa lebih hebat dibandingkan siswi lainnya.
Pulang sekolah tidak sengaja kaki Nina terjerat kawat hingga terluka. Seorang cowok bernama Irwan membantu melepaskan kawat dari kakinya. Kejadian ini membuat mereka saling berkenalan.
Kenakalan geng Sweetheart semakin menjadi dengan menyiksa siswi lain, karena melaporkan kenakalan mereka ke guru, Nina dibully oleh geng Sweetheart. Nina pulang dengan keadaan lusuh dan kebetulan dia bertemu dengan Irwan yang bersedia mengantarnya pulang.
Sampai suatu ketika disaat Nina di bully lagi, Imel siswi cantik pemimpin geng Sweetheart muntah-muntah. Nina langsung tahu kalau Imel tengah berbadan dua dan Nina menawarkan bantuan kepada Imel untuk membawanya ke dokter spesialis aborsi. Sejak kejadian ini Nina mendapat kepercayaan dari Imel dan diangkat sebagai anggota geng Sweetheart.

Komik ini memiliki cerita seputar permasalahan remaja. Namun beberapa penyampaian terasa kurang jelas hingga cukup memusingkan kepala saya. Untuk mengerti ceritanya saya sampai membaca sinopsis filmnya disini. Di awal cerita saya sudah dibuat bingung, ada cewek cantik yang memaksa minta di jemput kemudian ada cewek lagi yang sedang berolahraga. Tidak ada batas pemisah yang jelas yang menunjukkan jika 2 karakter itu berbeda. Saya tidak melihat perbedaannya, sama-sama cantik dan berambut panjang. Saya pikir karakter itu cewek yang sama ternyata tidak. Yang digambarkan pertama adalah Imel kemudian yang sedang berolahraga adalah Nina (CMIIW). Kejadian disekolah pun membuat saya bingung ketika Nina tidak tahu apa-apa tentang geng Sweetheart. Kenapa Nina tidak tahu dengan geng Sweetheart yang populer di sekolahnya. Setelah baca sinopsis filmnya ternyata karena Nina baru pindah ke sekolah yang baru sedangkan di dalam komiknya tidak ada keterangan seperti itu.

Nilai = 7/10
Pengarang  = Cassandra Massardi
Gambar = Almie Amalia
Jumlah Buku = 1 (tamat)
Penerbit = M&C (Koloni)
Tahun terbit di Indonesia = 2010
Jenis = Drama
DQ Review Komik



Contoh Gambar

No comments:

Post a Comment