Wednesday, January 1, 2014

TALES FROM THE DARKSIDE





"Ada sebuah 'ruang' yang tak dapat kita lihat ataupun rasakan keberadaannya. Ruangan yang tak mengenal dimensi waktu maupun dimensi ruang itu, dihuni oleh Sang Penjaga. Cerita ini mengisahkan pertemuan antara Sang Penjaga dengan roh-roh penasaran yang tersesat masuk ke ruang tersebut. Sang Penjaga berkata kepada roh-roh yang datang ke ruangan itu, 'Kalian sudah meninggal. Tempat ini berada di antara alam kehidupan dan alam kematian. Roh-roh yang tidak dapat beristirahat dengan tenang karena sebab-sebab tertentu, akan tersesat masuk ke ruang ini'".

"Tugas Sang Penjaga adalah menanyakan alasan yang menyebabkan roh-roh tersesat masuk ke ruang itu, kemudian memutuskan, apakah seharusnya mereka kembali ke alam nyata atau memang sudah ditakdirkan untuk mati. Berdasarkan keputusannya, sebagian dari roh-roh yang tersesat akan menempuh jalur kehidupan dan jalur kematian. Roh-roh yang tersesat secara bergiliran masuk ke ruang Sang Penjaga. Dan sekarang pintu sudah diketuk lagi. Ayo kita simak kisah apa yang akan diceritakan roh-roh tersebut kepada Sang Penjaga.".

Komik ini bercerita tentang sebuah ruangan khusus yang didatangi oleh roh-roh tersesat. Mereka satu persatu masuk ke dalam ruangan dan menceritakan sebab kenapa mereka sampai meninggal kepada Sang Penjaga. Ada yang di berikan kesempatan untuk hidup kembali, ada yang meninggal dengan tenang dan ada juga roh yang karena berlaku jahat dalam hidupnya di umpankan menjadi makanan bagi iblis-iblis di luar ruangan. Cerita-cerita penyebab kematian roh tersesat inilah yang menjadikan komik ini menarik untuk dibaca.

Selama membaca komik karya Yoko Matsumoto, komik inilah yang saya anggap terbaik. Setiap jilid terdiri dari beberapa cerita pendek namun setiap ceritanya memiliki ending yang mengejutkan. Temanya unik dan rasanya puas di setiap bukunya dihujani banyak cerita dengan twist di luar dugaan. Tapi komik ini juga tidak luput dari kekurangan. Berhenti di jilid 8 dan sampai saat ini tidak ada lanjutannya lagi.

Nilai = 9/10
Pengarang  = Yoko Matsumoto
Gambar = Yoko Matsumoto
Jumlah Buku = 8 (hiatus)
Penerbit = Elex Media
Tahun terbit di Indonesia = 1997 - 1998
Judul Asli = Yami wa Tsudou
Jenis = Mystery
DQ Review Komik


Contoh Gambar

No comments:

Post a Comment