Tuesday, January 28, 2014

4HERO





"Tidak seperti teman sebaya di sekolahnya, Juno nggak suka memainkan online game Hero Line yang sedang populer. Siswa SMU di Surabaya ini lebih suka menjadi kuat di dunia nyata, dibanding menjadi kuat di dunia virtual. Setelah setengah dipaksa sahabatnya agar sedikit 'lebih gaul', Juno akhirnya mau mencoba memainkan Hero Line. Anehnya, saat memakai unit kacamata virtual, Juno malah sampai ke tempat misterius dan bertemu dengan 'princess' yang memohon untuk diselamatkan! Setelah kejadian itu, dunia game Hero Line bertumpuk dengan dunia nyata di Surabaya!. Kini nasib Surabaya dan dunia Hero Online ada di tangan Juno!".

Tokoh utama komik ini adalah Juno, siswa SMA yang kuat dan jago berantem. Gara-gara mengikuti saran Ian untuk bermain game online, Juno mengalami peristiwa aneh saat bermain. Dia bertemu dengan wanita cantik yang meminta pertolongan untuk dibebaskan dari segel iblis. Pertemuan tersebut tidak berlangsung lama karena kacamata virtual yang dikenakan Juno rusak. Segera saja Juno berangkat kerja namun dalam perjalanannya dia menemukan kejadian diluar akal sehatnya. Perkelahian antara monster melawan sosok wanita misterius. Juno diselamatkan oleh wanita tersebut tapi melihat wanita tersebut terdesak gantian Juno yang mencoba menyelamatkan. Pedang kecil yang dipungut sebelumnya mengubah dirinya menjadi sosok lain yang memiliki kekuatan untuk membinasakan monster tersebut. Kejadian tadi membuat Mirina, wanita yang baru saja ditolongnya mulai berfikir jika Juno adalah sosok pahlawan sebenarnya yang selama ini dia cari.

Ada 2 hal yang pertama kali melintas dalam pikiran saya setelah membaca komik ini. Pakaian yang dikenakan Juno mengingatkan saya dengan pakaian Sora, tokoh game Kingdom Hearts yang populer di console PS2. Kemudian tema ceritanya juga mirip dengan .Hack, game yang ada di console PS2 yang mengambil tema dunia game online dan tokoh utamanya sama-sama diminta pertolongan oleh sosok cewek misterius. Pembeda antara 4Hero dan .Hack adalah kebalikan lokasinya, di .Hack tokoh utama berpetualang di dunia virtual sedangkan di 4Hero, dunia virtual pindah ke dunia nyata.
Walaupun temanya sudah tidak original namun ceritanya cukup menghibur dan seru. Gambarnya bagus diatas rata-rata kebanyakan. Selain seru juga diselipkan beberapa kelucuan yang disebabkan oleh Ian, sahabat Juno yang pintar dan selalu ceria. Terakhir saya pikir komik ini tamat dalam 1 jilid tapi ternyata masih berlanjut ceritanya. Ada yang tahu apakah lanjutannya sudah keluar?.

Nilai = 8/10
Pengarang  = Mazjojo
Gambar = Mazjojo
Jumlah Buku = 1 (tamat)
Penerbit = M&C
Tahun terbit di Indonesia = 2010
Jenis =  Adventure, Fantasy
DQ Review Komik 


Contoh Gambar

No comments:

Post a Comment