Tuesday, January 14, 2014

NANASE FIRE INVESTIGATOR





"Sebuah supermarket terbakar dan menewaskan seorang penjaga. Nanase Takamine yang menyelidikinya menemukan hal yang aneh pada kasus tersebut. Tiba-tiba muncul seorang pria misterius yang menantang Nanase untuk mengenal api lebih jauh. Siapakah pria misterius tersebut? Apakah dia si Pemakai Api yang diselamatkan Nanase tiga tahun lalu?".

"Nanase Takamine adalah penyelidik kebakaran yang memeriksa dan menyelidiki penyebab kebakaran dari bukti dan keadaan TKP kebakaran. Pria yang dia selamatkan pada masa pelajarnya ternyata seorang pelaku pembakaran, 'Pemakai Api'. Setelah itu Pemakai Api juga mengulangi tindakan aneh dimana dia muncul di TKP yang sedang diperiksa Nanase dan meninggalkan pesan misterius, tapi merupakan petunjuk besar untuk memecahkan kasus.".

Tokoh utama komik ini adalah Nanase Takamine, seorang gadis muda yang berprofesi sebagai penyelidik kebakaran. Walaupun masih baru namun Nanase memiliki kemampuan hipotesis dan analisis yang luar biasa di TKP kebakaran. Dirinya terobsesi untuk menangkap Pemakai Api, pelaku kebakaran yang lihai memainkan api. Pertemuan pertama Nanase dengan Pemakai Api terjadi 3 tahun yang lalu. Ketika itu Nanase tanpa sengaja menyelamatkan Pemakai Api dari kobaran api. Nanase tidak menyadari jika Pemakai Api sengaja membakar diri sendiri untuk menyamar menjadi korban dan berhasil menyelamatkan diri. Setiap kali melakukan tugas penyelidikan, Nanase dibayang-bayangi kehadiran Pemakai Api. Kehadiran Pemakai Api membuat Nanase bertanya-tanya kenapa Pemakai Api memberi petunjuk membantu dirinya mengungkapkan penyebab kebakaran. Apa yang membuat Pemakai Api tertarik padanya dan apakah ada hubungannya Pemakai Api dengan kematian kedua orangtua Nanase 7 tahun yang lalu yang disebabkan oleh kebakaran?. Sementara itu pihak kepolisian yang dipimpin oleh Hayato Hikawa mulai mencurigai Nanase sebagai Pemakai Api yang sebenarnya. Hikawa menduga Pemakai Api adalah kepribadian lain dari Nanase. Untuk membuktikan dirinya tidak bersalah, Nanase mencari ingatan masa lalunya dan mengungkap kebenaran kasus penyebab kebakaran yang dituduhkan padanya.

Pernah membaca komik pemadam kebakaran Firefighter Daigo dan komik detektif Conan atau Kindaichi? Komik ini memiliki perpaduan keduanya, tugas memadamkan kebakaran, meyelamatkan korban dan penyelidikan penyebab kebakaran. Perpaduan tersebut membuat cerita komik ini menjadi sangat seru dan menegangkan. Penyebab kebakaran disini dijelaskan dengan detail berdasarkan ilmu pengetahuan. Tidak disangka karena ada penyebab kebakaran yang di luar dugaan. Beberapa istilah penyebab kebakaran secara kimia dipaparkan dari awal proses sampai terjadinya kebakaran. Nanase dan rekan-rekannya sesama team penyelidik kebakaran bekerja sama dengan kepolisian menyelidiki penyebab kebakaran untuk mencegah kejadian kebakaran dengan penyebab yang sama serta mencegah terjadinya penangkapan pelaku yang sebenarnya tidak bersalah.
Komik ini berakhir di jilid 7 dengan masih menyisakan rasa penasaran. Misteri Pemakai Api dan misteri yang ada di baliknya masih belum terpecahkan semua. Apakah akan ada komik lanjutannya?

Nilai = 9.5/10
Pengarang  = Izo Hashimoto
Gambar = Tomoshige Ichikawa
Jumlah Buku = 7 (tamat)
Penerbit = Level
Tahun terbit di Indonesia = 2010 - 2012
Judul Asli = Kasai Chousakan Nanase
Jenis = Action, Mystery, Psychological
DQ Review Komik


Contoh Gambar

2 comments:

  1. waks, kukira ini cuman komik yang mengeksploitasi peran wanita yang tidak mungkin jadi pemadam kebakaran. Salah. Salah. Ternyata ceweknya penyelidik ya ;_; ini rental komik kesayangan saya gak beli *nyari diskonan* >/////<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sis, peran wanita disini sebagai penyelidik.. ceritanya seru seperti komik detektif lainnya.. korban2 kebakaran juga digambarkan sadis dgn tubuh gosong..

      Delete