Thursday, January 9, 2014

GUNDAM SEED





"Cosmic Era, era dimana manusia menggantungkan ruang hidup dan pengembangan sumber mineral serta energi pada ruang angkasa. Pada era ini lahirlah 'Coordinator' manusia jenis baru yang memiliki kecerdasan dan kekuatan yang lebih tinggi berkat rekayasa genetik. Di koloni bernama 'Plant' yang mereka ciptakan dan kelola, tak ada batas negara atau ras. Oleh karena itu, orang Bumi (Natural) menganggapnya sebagai 'tempat tinggal ideal'. Namun ada pula yang iri dan benci pada kemampuan mereka. Kesadaran yang berbeda itu melahirkan drama yang penuh percekcokan. Tahun ke-70 Cosmic Era, peristiwa 'Bloody Valentine'. Akhirnya tentara Zaft dari Coordinator mulai mengadu kekuatan melawan Aliansi Bumi yang unggul dalam jumlah.".

"Perang antara Bumi dan Zaft yang berawal dari 'Bloody Valentine' pada tahun ke-71 C.E. (Cosmic Era), telah berlangsung 11 bulan. Kira Yamato, seorang mahasiswa di Heliopolis, terlibat dalam perampasan senjata tipe baru milik Aliansi Bumi yang dilakukan oleh Zaft. Kira lalu mengendalikan X-105 Strike dan memukul mundur tentara Zaft. Akhirnya dia menaiki kapal baru Aliansi Bumi, Archangel, bersama teman-teman yang ditolongnya. Kira yang merasa enggan akhirnya menyerang dengan Strike demi melindungi teman-temannya. Dalam peperangan, Kira bertemu dengan sahabatnya, Athrun Zala, yang mengendalikan X-303 Aegis yang dirampas Zaft. Perang semakin sengit dan akhirnya Heliopolis hancur. Pasukan Klueze mengejar Archangel yang pergi menuju pangkalan tentara Bumi di Bulan. Pada saat itu mereka terseret ke Sabuk Debris karena gravitasi Bumi.".

Seperti komik Gundam series lain yang saya baca, komik yang ini pun tetap membuat saya kesulitan mengikuti detail ceritanya. Garis besarnya saja yang bisa saya tangkap selebihnya hanya lewat saja karena alur ceritanya yang sangat cepat dan karakternya yang terlalu banyak tapi tetap saling berkaitan.
Tokoh utama komik ini adalah Kira Yamato seorang Coordinator yang tidak sengaja terlibat peperangan akibat kota yang didiaminya Heliopolis di negara Orb di serang oleh pasukan Zaft. Padahal Orb adalah negara netral tapi pasukan Zaft punya alasan untuk menyerang karena pasukan Bumi tengah mengembangkan senjata baru di Heliopolis. Untuk melindungi sahabatnya, Kira menaiki MS-Gundam X-105 dan bertempur melawan pasukan Zaft. Karena membantu orang bumi, Kira menjadi berseberangan dengan sahabat sejak kecilnya Athrun, Coordinator yang sama dengan dirinya dan juga seorang pasukan Zaft. Sedangkan Kira sendiri juga tidak sepenuhnya diterima oleh pasukan Aliansi Bumi karena dirinya seorang Coordinator yang dianggap sebagai musuh.

Nilai = 7.5/10
Pengarang  = Masatsugu Iwase
Gambar = Hajime Yatate, Yoshiyuki Tomino
Jumlah Buku = 5 (tamat)
Penerbit = M&C
Tahun terbit di Indonesia = 2004 - 2005
Judul Asli = Mobile Suit Gundam Seed
Jenis = Action, Sci-fi
DQ Review Komik  


Contoh Gambar

No comments:

Post a Comment