Thursday, January 2, 2014

KING LEAR





"Raja Lear adalah raja yang memiliki wilayah luas di Britain. Hari ini ia memanggil ketiga putrinya, Goneril, Regan, dan Cordelia. Hari itu Raja Lear mengukur seberapa besar rasa cinta putri-putrinya untuk menentukan jumlah warisan yang akan mereka terima. Di luar dugaan, Cordelia, putri kesayangan Raja Lear justru tidak mendapatkan apapun! Lalu, bagaimana nasib Raja Lear selanjutnya? Tepatkah langkah yang diambilnya? Cinta, kekuasaan, harta, intrik rahasia....".

Komik ini merupakan salah satu series dari World's Masterpiece. Diangkat dari sandiwara tragedi King Lear karya William Shakespeare yang berkebangsaan Inggris. Untuk mengetahui lebih jelas tentang sandiwara tragedi King Lear bisa berkunjung ke King Lear .

Bercerita tentang sebuah tragedi yang menimpa keluarga kerajaan dan orang-orang yang berhubungan dengan keluarga kerajaan. Tragedi yang membawa kesedihan akibat perebutan kekuasaan. Berawal dari peristiwa turun tahtanya Raja Lear, raja yang pemarah dan mudah berubah pendirian. Raja Lear berniat membagi tiga kerajaan Britain kepada ketiga putrinya dengan syarat dia mendengarkan terlebih dahulu pendapat putrinya. Raja Lear ingin tahu seberapa besar kasih sayang putrinya kepada dirinya. Putri pertama, Goneril dan putri kedua, Regan, dengan berapi-api menyampaikan perasaan kasih sayangnya kepada sang ayah. Namun tindakan kedua putri tersebut terlihat terlalu dilebih-lebihkan dan tidak tulus. Raja Lear begitu mudah dibuai dan memberikan bagian kerajaan yang besar kepada Goneril dan Regan. Putri terakhir, Cordelia yang selama ini merupakan putri kesayangan mengungkapkan kasih sayangnya lebih jujur kepada sang ayah. Tapi Raja Lear tidak menerima kejujuran tersebut dan berbalik marah dengan menganggap Cordelia sebagai anak yang tidak tahu balas budi. Tidak ada sedikitpun bagian kerajaan yang diberikan kepada Cordelia. Orang-orang yang menentang keputusan Raja Lear diminta untuk segera pergi atau dihukum mati. Putri Cordelia diusir pergi dan menikah dengan Raja Perancis.
Edmund, anak kedua dari Earl of Gloster memanfaatkan peristiwa turunnya Raja Lear. Sebagai anak selir, Edmund tidak menerima perlakuan sang ayah, Gloster yang dianggap lebih memperhatikan Edgar, kakaknya. Edmund dengan akal liciknya mengadu domba sang ayah Gloster dan Edgar dengan memfitnah Edgar yang berniat membunuh ayahnya sendiri. Rencananya berhasil, Gloster percaya dan Edgar terpaksa melarikan diri dan menyamar sebagai orang gila. Tidak puas sampai disitu Edmund mendekati putri Raja Lear yaitu Goneril dan Regan dan mempengaruhi mereka agar mereka saling berebut kekusaan dan tidak memperdulikan ayahnya sendiri. Raja Lear hidup luntang lantung merasakan kemiskinan di temani oleh Earl of Kent, bawahan Raja Lear yang setia mesti sebelumnya telah diusir oleh Raja Lear. Kondisi Raja Lear yang semakin memprihatinkan membuat Gloster membantu melarikan Raja Lear ke Dover untuk melindungi Raja Lear dari kedua putrinya yang kejam. Di Dover ada pasukan Perancis dan Puteri Cordelia yang bersedia menolong. Akibat membantu pelarian Raja Lear, Gloster ditangkap atas tuduhan berkhianat dari laporan Edmund anaknya sendiri. Gloster dihukum dengan dibutakan kedua matanya.

Nilai = 9/10
Pengarang  = William Shakespeare
Gambar = Variety Art Works
Jumlah Buku = 1 (tamat)
Penerbit = Elex Media
Tahun terbit di Indonesia = 2010
Judul Asli = Manga de Dokuha -  King Lear by Shakespeare
Jenis = Drama, Historical
DQ Review Komik


Contoh Gambar

No comments:

Post a Comment