Sunday, January 12, 2014

HYDE & CLOSER





"Shunpei Closer, anak SMP yang sedikit lebih payah dari anak-anak lain, terjebak dalam pertempuran para penyihir. Boneka kutukan kiriman penyihir datang satu persatu dan mengincar nyawanya. Dalam keadaan terdesak, boneka beruang bernama Hyde yang diberikan kakeknya, mendadak hidup dan menyelamatkannya. Shunpei akhirnya mengetahui bahwa ternyata kakeknya adalah raja para penyihir. Mampukah Hyde mengubah Shunpei menjadi penyihir sehebat kakeknya, Alsyd Closer yang kini menghilang?".

"Shunpei Closer, anak SMP yang dibilang biasa saja... mungkin lebih parah. Suatu hari seorang kurir datang membawa boneka monyet yang ternyata bermantera dan tiba-tiba menyerang Shunpei dengan benda tajam. Di saat terdesak, boneka beruang yang didapat Shunpei dari kakeknya, Hyde, menyelamatkannya. Kakek Shunpei yang saat ini tidak diketahui keberadaannya, ternyata seorang raja penyihir. Kabarnya, barang siapa yang memakan jantung Shunpei yang mewarisi darah sang raja penyihir itu, akan memperoleh kekuatan besar. Kakeknya memanterai Hyde demi melindungi Shunpei yang sedang diincar! Musuh kuat seperti apakah yang akan muncul di hadapan Shunpei yang saat ini menjadi incaran para penyihir sedunia!?".

Tokoh utama pertama komik ini adalah Shunpei Closer, siswa SMP yang memiliki sifat penakut dan lebih memilih menghindar dari tanggung jawab yang diberikan. Shunpei menyadari dirinya termasuk payah dalam melakukan apa-apa, selalu salah dan selalu gagal sampai-sampai membuat dirinya terbebani. Tokoh utama kedua adalah Hyde, boneka beruang kecil pemberian sang kakek, Alsyd Closer yang terkenal sebagai raja penyihir. Hyde mendadak bisa bergerak dan berbicara karena sebelumnya telah diberikan sihir oleh sang kakek. Sifat Hyde bertolak belakang dengan Shunpei, walaupun kecil, Hyde adalah boneka yang gagah berani, jagoan dan berkharisma. Dengan gayanya yang sok keren sambil menghisap cerutu bohongan dan suara layaknya orang tua (Hyde memanggil Shunpei dengan sebutan 'nak Shun'), Hyde mengajari Shunpei menjadi laki-laki sejati.
Persahabatan antara Hyde dan Shunpei terjadi ketika tiba-tiba Shunpei menjadi incaran para penyihir sedunia akibat kabar yang berhembus jika memakan jantung pewaris dari raja penyihir maka akan memperoleh kekuatan besar. Satu persatu para penyihir dari belahan dunia datang ke Jepang untuk mencobanya. Shunpei dan Hyde bahu membahu mengalahkan para penyihir yang datang menyerang sekaligus mencari tahu keberadaan sang kakek Alsyd Closer yang tidak diketahui keberadaannya selama 6 tahun terakhir. Ada kekuatan besar dibalik berhembusnya kabar menyesatkan tersebut dan itu berhubungan dengan hilangnya sang kakek. Nantinya Shunpei tidak sendiri, dia akan berjuang di temani sahabat barunya termasuk lawan yang berubah menjadi memihaknya.

Tema komik ini cukup unik yaitu pertempuran antara para penyihir yang ada di dunia dengan menggunakan bantuan boneka. Ceritanya benar-benar seru, lucu dan memiliki bagian cerita yang cukup mengharukan juga. Di jelaskan juga beberapa pengetahuan tentang bermacam-macam sihir yang ada di dunia begitu juga dengan dampaknya. Ada 2 hal yang cukup mengejutkan saya dalam komik ini yang saya catat berhubungan dengan Indonesia. Pertama dimasukkannya salah satu penyihir dari Indonesia yaitu mas Bagus dengan boneka wayangnya yang bernama Setyabudi. Kedua dimasukkannya info permainan suit orang Indonesia yang memakai Manusia, Gajah dan Semut sebagai padanan Batu, Gunting dan Kertas.

Nilai = 9.5/10
Pengarang  = Haro Aso
Gambar = Haro Aso
Jumlah Buku = 7 (tamat)
Penerbit = Elex Media
Tahun terbit di Indonesia = 2010 - 2011
Jenis = Adventure, Supernatural
DQ Review Komik


Contoh Gambar

No comments:

Post a Comment