Wednesday, October 9, 2013

MEET THE BANCHOU





"Saat Jepang memasuki masa suram saatnya memulai proyek distrik. Kongou Banchou datang untuk menghalangi proyek itu. Meski dia harus berhadapan dengan para Banchou. Banchou pertama yang dia hadapi adalah Iai Banchou."

"SMA Rainei di distrik Chiyoda Tokyo kedatngan murid baru, lelaki tinggi besar dengan tato phoenix di leher. Ternyata tato itu adalah bukti anggota organisasi yang ingin mereformasi Jepang dengan proyek 23 Distrik. Iai Banchou jadi lawan pertama Kongou. Tapi akan masih banyak lawan tangguh menantang Kongou!."

Tokoh utama komik ini adalah Kongou Akira, siswa berbadan tegap besar dengan model rambut aneh namun memiliki rasa keadilan yang tinggi. Seorang anggota berandalan seenaknya merobek gambar milik Tsukimi, adik dari Hinako, siswi yang memotret dirinya karena dianggap aneh. Tanpa basa basi Kongou langsung melabrak markas gerombolan berandal dengan bersenjatakan sebuah mobil. Tidak ada yang sanggup menghentikannya termasuk jagoan pedang yang ada disana. Amukan Kongou berhenti setelah salah satu anggota gerombolan berandalan meminta maaf kepada Tsukimi.
Keesokan harinya, Hinako menganggap dirinya sedang sial setelah kemaren mengalami peristiwa buruk akibat dirinya terbawa pertikaian Kongou. Ternyata kesialannya semakin bertambah setelah mengetahui Kongou menjadi anak baru di sekolahnya, SMA Raimei dan satu kelas dengannya. Di kelas yang baru, Oyanana Hikaru, putra dari direktur sekolah yang juga menjadi raja cilik mencoba menggencet Kongou. Namun apa yang didapat dirinya justru menerima pelajaran untuk merubah sikapnya yang salah selama ini untuk menjadi lelaki sejati tanpa bergantung kepada orang lain.
Tujuan sebenarnya dari Kongou adalah mencari orang yang memiliki tato burung phoenix merah di leher. Tato itu merupakan bukti keanggotaan sebuah organisasi rahasia dibawah pemerintah. Mereka berjumlah 23 orang dan dijuluki dengan sebutan Banchou. Menguasai masing-masing distrik dan mengikuti pertandingan untuk menentukan Banchou tertangguh. Hinako tidak mempercayai cerita Kongou dan melaporkannya ke polisi namun tindakan itu justru membuat dirinya ditangkap karena tidak ada yang boleh tahu rahasia proyek 23 Distrik. Untuk membebaskan Hinako, Kongou segera mendatangi Banchou penguasa distrik Chiyoda, Iai Banchou, seorang ahli pedang yang tangguh dan bertanding melawannya.

Komik ini memiliki cerita yang sangat heboh, seru dan cowok banget. Pokoknya penuh dengan pertarungan hancur lebur mengingatkan saya dengan komik jadul Darah Satria. Jurus-jurus yang dikeluarkan sudah bukan lagi level antar pelajar tapi sudah sampai level manusia super sampai-sampai berubah fisik menjadi raksasa. Baru kali ini saya melihat pertarungan memukul lawan sampai lawan terlempar 1 kali putaran bumi. Walaupun banyak khayalnya namun saya suka dengan komik ini karena ceritanya yang mengedepankan keberanian, rasa tanggung jawab dan persahabatan. Para Banchou yang dikalahkan oleh Kongou berubah menjadi sahabat dan mereka bersatu bahu membahu mengalahkan rencana jahat yang ingin menghancurkan dan membuat Jepang baru.
Selain seru komik ini juga memiliki kelucuan-kelucuan seperti Kongou yang emosi karena bingung mencari tombol di HP model flip, Oyanana yang ingin menjadi kuat malah dikerjain mengikuti latihan yang tidak benar seperti ke sekolah memakai pakaian anak kecil, diminta mengumpulkan sebotol garam yang ditabur di lapangan.

Nilai = 9/10
Pengarang  = Nakaba Suzuki
Gambar = Nakaba Suzuki
Jumlah Buku = 12 (tamat)
Penerbit = M&C
Tahun terbit di Indonesia = 2010 - 2012
Judul Asli =  Kongou Banchou
Jenis =  Action, Adventure
DQ Review Komik 


Contoh Gambar

No comments:

Post a Comment