Sunday, October 6, 2013

PAK BEI SOK TAHU





"Sejak 1986 hingga 2004, kartun baris (comic-strip) Pak Bei hadir dalam edisi Minggu Suara Merdeka. Kisah-kisahnya yang bersifat komedi sekaligus tragedi mengajak pembaca untuk tertawa atau sesekali nyengir pahit. Secara jenaka Pak Bei senantiasa berupaya meraih sesuatu yang lebih baik. Namun karakternya yang sok tahu sering membawanya pada arah yang berbeda. Melihat ulah Pak Bei, ingatan jita seperti diulik kembali, betapa kita semua pasti pernah melakukan kekonyolan yang tidak kalah konyol ketimbang apa yang kita tertawakan."

Komik ini merupakan kumpulan dari kartun baris karya komikus lokal kita, Pak Masdi. Beliau aktif berkarya menampilkan tokoh unik Pak Bei di harian Minggu Suara Merdeka dari tahun 1986 sampai 2004. Saking lekatnya tokoh Pak Bei ke masyarakat sampai dijadikan salah satu ikon tokoh kartun nasional dan diperangkokan oleh Pos Indonesia. Tahun 2005, beliau purnatugas dari Suara Merdeka, sampai pada tahun 2008 beliau berpulang pada usia 63 tahun karena sakit.
Tokoh Pak Bei ini digambarkan sebagai orang yang sok tahu walau sebenarnya dia orang yang polos. Dengan tampilan khasnya selalu menggunakan peci dan setelan jas berikut dasinya jika ada acara penting. Sayangnya Pak Bei ini begitu mudah percaya dengan perkataan orang-orang tanpa mempertanyakan lagi. Sampai akhirnya Pak Bei mengalami nasib yang tidak beruntung atau tidak sesuai dengan pemikiran awalnya. Formula yang diberikan oleh Pak Masdi sederhana dengan memanfaatkan sifat manusia yang senang mentertawakan orang lain yang sedang kesusahan. Yang mejadi korbannya adalah Pak Bei dan itu sukses memancing gelak tawa para pembaca. Pak Masdi telah berbaik hati menyediakan tempat untuk tertawa sepuas-puasnya melihat kelucuan-kelucuan akibat kepolosan, kesialan, kebodohan dan kegagalan yang terjadi pada tokoh Pak Bei.
Kalau di rasakan beberapa tingkah laku Pak Bei serasa mencerminkan diri sendiri. Jika berada di posisi sebagai Pak Bei mungkin kita akan melakukan hal yang sama. Sudah tahu salah tapi karena ke-sok tahuan dan gengsi tetap dilakukan sampai akhirnya bablas merugikan diri sendiri.

Nilai = 9.5/10
Pengarang  = Masdi
Gambar = Masdi
Jumlah Buku = 1 (tamat)
Penerbit = KPG
Tahun terbit di Indonesia = 2012
Jenis =  Comedy, Slice of Life
DQ Review Komik

Berikut beberapa cuplikan kelucuan-kelucuan ulah Pak Bei.

Kelucuan 1

Kelucuan 2

No comments:

Post a Comment