Tuesday, September 20, 2016

TO BE BEAUTIFUL





"Ingin jadi cantik! Ingin kencan dengan penampilan keren! Kalau ditangani Misako Kichijoji, ahli kecantikan dan murid SMA jenius, impian cewek akan terwujud. Siapa pun pasti bisa berubah total!!"

Misako Kichijoji
Komik 6 jilid ini merupakan karya komikus Jepang, Miyuki Morita. Bercerita tentang kegalauan kaum wanita terhadap kondisi fisik mereka sendiri. Di saat mereka merasa tertekan datanglah Misako Kichijoji, pewaris Total Make-Up Salon Kichijoji yang menawarkan sentuhan keajaiban yang bisa membuat mereka percaya diri. Sebenarnya tidak mungkin bisa mengubah fisik seseorang dalam waktu 1 hari tapi Misako mampu mengubahnya dengan syarat hanya mampu bertahan dalam waktu yang singkat.


Cerita dalam komik ini di luar dugaan melebihi ekspetasi dan sangat menghibur. Membacanya membuat saya senyum-senyum sendiri melihat tingkah laku di luar dugaan yang dilakukan para wanita demi tujuan menjadi cantik. Dalam satu komik terdiri dari 1 sampai 5 cerita yang rata-rata semuanya menarik. Misako Kichijoji datang menawarkan bantuan kepada para wanita yang ingin menjadi cantik dengan cara yang instan. Apa yang dilakukan Misako dalam merombak penampilan memang rada 'ngayal'. Mana mungkin dalam kehidupan nyata penampilan fisik akan berubah drastis dalam waktu semalam. Tubuh gendut menjadi langsing, jerawat jadi hilang, pendek menjadi tinggi, dada rata jadi besar, wajah jadi cantik dan lain sebagainya. Tetapi tidak mengapa karena dari sinilah awal dari dari keseruan membaca komik ini.

Misako Kichijoji dengan peralatan mengerikannya
Karakter Misako Kichijoji, pewaris Total Make-Up Salon Kichijoji yang sangat pede banyak memberikan kelucuan-kelucuan. Contohnya memberikan syarat tertentu agar pasien setuju untuk menjadi kelinci percobaannya. Melakukan aksi make-over dengan menggunakan peralatan yang mengerikan seperti pisau, gunting, mesin bor bahkan sabit. Pasien hanya bisa pasrah karena sudah dibuat tidak berdaya oleh Misako. Kelucuan lain juga hadir ketika pasien kagok dan senang menjalani kehidupan baru setelah proses make-over instan atau saat ketika pasien panik karena hasil make-over-nya berantakan akibat melanggar syarat yang diberikan Misako. Pasien yang dihadapi Misako juga unik-unik karena ada juga pasien yang sebenarnya sudah cantik tapi minta dijadikan jelek. Yang membuat menarik lagi dari komik ini adalah memiliki cerita yang menyentuh hati dan cerita yang memberikan pelajaran hidup. Jangan pernah menghina penampilan fisik orang lain. Jangan mengharapkan perubahan secara instan karena perubahan memerlukan proses dan waktu. Jangan menganggap penampilan fisik adalah segala-galanya karena masih ada faktor lain yang menentukan. Kalau ada niat untuk berubah jika dilakukan dengan sungguh-sungguh maka akan mendapatkan hasilnya. Sok tahu banget saya ya.

Beberapa cerita yang memorable di pikiran saya.

Rumiko dan Erika
- 1/2 Cewek Cantik, perdebatan antara 2 wanita jelek dan gendut, Erika Asakura dan Rumiko Shiragawa tentang mana yang lebih menarik antara wanita berwajah jelek tapi seksi atau wanita berwajah cantik tapi gendut. Misako tertarik dengan perdebatan mereka lalu mengubah penampilan Erika menjadi berwajah cantik dan Rumiko menjadi bertubuh seksi.

- Double Face Girl, bercerita tentang Yuri Sakurayama, siswi SMP yang gendut dan jelek. Kesehariannya dia selalu diejek oleh Reiko Muto, sahabatnya sendiri yang juga seorang model cantik. Misako kemudian meng-make-over Yuri hingga Yuri memiliki 2 kehidupan. Sebagai cewek SMP yang gendut dan jelek dan sebagai model cantik yang misterius. Cerita yang ini terasa spesial karena biasanya dalam 1 jilid berbagi dengan cerita lain namun untuk Double Face Girl dibuat penuh di jilid 4.

Maria
- Last Venus, bercerita tentang 3 orang wanita, Yuiko, Miho dan Maria. Ketiganya mendapat bagian cerita khusus. Yuiko yang memiliki masalah dengan badan yang gendut. Miho yang memiliki masalah karena tidak puas dengan kehidupan sederhana setelah menikah. Maria yang memiliki masalah tidak menyadari bahwa dirinya jelek karena selalu dimanja oleh kedua orangtuanya.  






Nilai = 9.5/10
Pengarang  = Miyuki Morita
Gambar = Miyuki Morita
Jumlah Buku = 6 (tamat)
Penerbit = Level
Tahun terbit di Indonesia = 2009 - 2011
Judul Asli = Kirei Ni Naritai!
Jenis =  Comedy, Romance, Slice of Life
DQ Review Komik


Contoh Gambar

1 comment: