Tuesday, September 27, 2016

KOMIK SI OTOY





"Putus sekolah, Otoy yang masih abege punya visi baru: menaklukan dunia! Ia pun langsung cari kerja dan jadi penganut 'paham serba-cepat': cepat dapat kerja, cepat dipecat pula. Tingkah ceroboh si Otoy itu pun yang sebelas dua belas sama Babeh membuat Emak pusing. Dengan kepolosannya, Otoy tetap mencari kerja meski sering jalannya nggak ada mulus-mulusnya. Otoy mencoba berani jadi dewasa, juga coba-coba mengenai cinta. Tapi, usia tak mampu membohonginya. Ia masih anak ingusan yang seharusnya bermain dan belajar. Buka lembaran pertama, temukan tingkah lugu Otoy yang mengundang tawa!"

Komik ini merupakan karya komikus lokal kita, Eko S. Bimantara. Bercerita tentang kelucuan dari kehidupan sehari-hari remaja tanggung bernama Otoy dan keluarganya yang sederhana. Kelucuan-kelucuan di dapat dari tingkah laku keseharian Otoy. Sebagai remaja putus sekolah, Otoy ingin membantu perekonomian keluarga namun karena rada kurang nyambung hasilnya malah membuat Otoy dipecat. Sifatnya yang kurang nyambung atau terlalu polos berkali-kali membuat orang-orang disekitarnya harus menahan sabar. Selain si Otoy si Babeh juga memberikan kelucuan karena sifatnya yang kompak dengan si Otoy kalau sedang menonton bola. Tidak bisa diganggu gugat dan tidak nyambung hingga membuat kepala si Emak pusing.

Komik terbitan Bukune ini memiliki kemasan yang bagus. Sampulnya memiliki gambar dan tulisan timbul juga diberikan pembatas halaman. Mendengar nama Otoy saya jadi teringat kembali ke tahun 1980-an saat masih SD ketika saat itu senang membaca Pos Kota Minggu (CMIIW) karena ada tokoh Otoy di lembar bergambarnya. Tapi tokoh Otoy dalam komik ini berbeda dengan Otoy versi Pos Kota. Kelucuan-kelucuan di dalamnya bisa membuat saya senyum-senyum sendiri bahkan seekor kucing juga bisa memberikan kelucuan. Tetapi dalam menikmati komik ini saya merasa ada keanehan pada ciri khas gambarnya yaitu mata yang dibuat menonjol sebelah dan lonjong. Kesannya jadi aneh dan tidak proporsional. Seperti melihat mata yang kecolok rokok.

Nilai = 8.5/10
Pengarang  = Eko S. Bimantara
Gambar = Eko S. Bimantara
Jumlah Buku = 1 (tamat)
Penerbit = Bukune
Tahun terbit di Indonesia = 2012
Jumlah Halaman = 122
Jenis =  Comedy
DQ Review Komik


Contoh Gambar

1 comment: