Sunday, September 4, 2016

PHANTOM OF BATTLESHIP YAMATO





"Kurusu Uehara adalah seorang pemuda biasa yang belum menentukan masa depannya. Suatu hari, saat mengikuti ayahnya, seorang sutradara acara televisi, untuk membuat film dokumenter berlatar belakang kapal perang Yamato, Kurusu tiba-tiba pingsan. Hal itu membuatnya terbawa ke masa lalu di mana kapal perang Yamato masih berlayar dengan gagah pada Perang Dunia II. Dengan bantuan Kaiba, seorang kelasi satu di kapal perang Yamato, dimulailah game perang dengan menggunakan Yamato!!"

Komik 14 jilid ini merupakan karya komikus Jepang, Soichi Moto. Bercerita tentang seorang pemuda bernama Kurusu Uehara yang mendapatkan pengalaman Time Travel ke zaman Perang Dunia II (PD II). Di saat tengah membantu sang ayah dalam pengambilan gambar dokumenter perang Pasifik, Kurusu jatuh pingsan di dalam kapal selam kecil yang sempit. Di alam pikirannya ada sesuatu yang memanggilnya untuk menuju ke sebuah cahaya. Ketika tersadar, Kurusu berada di sebuah kapal perang yang teramat besar. Tetapi ada keanehan karena orang-orang di sana tidak ada yang menyadari keberadaannya. Apakah yang terlah terjadi pada dirinya. Apakah ini mimpi atau dia telah mati. Tidak lama kemudian seorang kelasi bernama Kaiba segera membawanya menyingkir karena kapal bersiap untuk menembak. Hati Kurusu menjadi senang melihat ada seseorang yang bisa melihat dan mendengarnya apalagi setelah dia menyadari bahwa dia tengah berada di atas kapal perang legendaris Yamato di zaman PD II. Tubuhnya mulai terlihat transparan setelah sebuah lubang hitam yang aneh mendadak muncul di dekatnya. Kurusu masuk ke dalamnya dan ketika tersadar dia telah kembali bangun dari pingsannya di sebuah rumah sakit di zaman sekarang.

Komik Phantom of Battleship Yamato ini bukan saya yang membelinya dari awal melainkan oleh Diqi, anak saya. Karena sejak lama dia sangat menyukai hal-hal yang berbau militer seperti senjata, pesawat, kapal laut dan lain sebagainya. Main game pun yang disukainya kebanyakan game-game perang seperti Call of Duty series, Battlefield series dan Battlestation series. Setiap mampir ke toko buku, Diqi selaku mencari jilid terbaru dan jika ada dibelinya dengan simpanan uang jajan. Setelah mendengar kabar komik ini tamat di jilid 14 segera saya mengumpulkannya dan ternyata ada 1 jilid yang tidak tahu di mana keberadaannya. 1 jilid itu akhirnya saya tebus dengan membeli online. Cerita di dalam komik ini benar-benar sangat menghibur. Paduan cerita dengan membawa sejarah PD II dengan ada sentuhan supranaturalnya. Saking penasarannya, saya bawa komik ini untuk dibaca di bengkel motor sambil menunggu servis motor selesai.
Kurusu Uehara adalah seorang pemuda yang tiba-tiba diberikan kesempatan untuk kembali ke masa lalu oleh 'sesuatu' yang memiliki kuasa. Ketika sedang berada di masa lalu, tubuhnya di zaman sekarang tertidur. Keberadaanya di masa lalu tidak ada yang bisa melihat atau mendengarkan kecuali oleh Kaiba, kelasi satu di kapal perang induk Yamato. Kurusu mencoba untuk merubah hasil perang yang seharusnya berujung kepada kekalahan Jepang. Dengan berpusat di kapal perang Yamato, melalui Kaiba, Kurusu memberitahukan kejadian-kejadian apa saja yang terjadi di masa depan. Saran-saran dari dirinya yang dianggap sebagai 'hantu" walau awalnya diragukan akhirnya diterima dengan baik oleh Panglima Yamamoto. Strategi baru dijalankan sehingga membuat pasukan Amerika menjadi kewalahan.
Masa depan bisa berubah namun masa depan yang dilihat oleh Kurusu bukanlah masa depan yang dia inginkan. Kurusu berulang kali kembali ke masa lalu untuk membuat masa depan yang ideal hingga akhirnya pada suatu titik dia tidak bisa kembali ke masa depan dan tubuhnya benar-benar menjadi nyata di masa lalu. Tidak bisa kembali membuat Kurusu ikut terlibat langsung secara fisik dalam perang antara Jepang melawan Amerika dan nyawanya pun sewaktu-waktu dapat terancam.

Berikut saya rangkum bagian-bagian apa saja yang menarik dari komik ini.
- Mengusung tema Time Travel dan Dunia Paralel. Apa yang dilakukan di masa lalu akan merubah masa depan.
- Sejarah PD II yang berlangsung sengit antara Jepang melawan Amerika seperti tertulis dalam sejarah. Perang Pasifik yang terdiri dari pertempuran Midway, pertempuran Biak, pertempuran Guadalkanal, pertempuran laut Philipina dan lain-lain sampai berlanjut ke pertempuran Iwojima. Tidak hanya menggambarkan perang yang terjadi di Asia Pasifik tetapi juga perang yang terjadi antara Jepang melawan Uni Soviet dan di Eropa antara Sekutu melawan Jerman.
- Penggambaran suasana perang yang detail. Pertempuran laut, udara dan darat yang seru. Kapal perang, pesawat terbang, kapal selam, tank digambarkan dengan detail spesifikasi dan kemampuannya. Seperti kapal perang dari Jepang Yamato, Kaga, Hiryu, Soryu, Nagato. Pesawat dari Jepang, Mitsubishi Zero, Nakajima, Aichi. Kapal perang Amerika USS Yorktown, USS Hornet, USS Enterprise. Pesawat pembom B-29 dan masih banyak lainnya.
- Adu strategi perang yang berlangsung menarik antara Jepang dan Amerika. Silih berganti membuat kejutan.
- Melibatkan tokoh-tokoh sejarah seperti panglima Isoroku Yamamoto, Presiden AS Franklin Roosevelt, Jenderal Douglas MacArthur dan masih banyak lainnya.
- Memperlihatkan kondisi politik yang terjadi saat itu di Jepang dan Amerika.
- Alternatif sejarah yang menarik seperti ketika kapal Yamato bertolak ke Amerika untuk menawarkan perdamaian.

Nilai = 9.5/10
Pengarang  = Soichi Moto
Gambar = Soichi Moto
Jumlah Buku = 14 (tamat)
Penerbit = Level
Tahun terbit di Indonesia = 2013 - 2016
Judul Asli = Mugen no Gunkan Yamato
Jenis =  Historical, Supernatural
DQ Review Komik


Contoh Gambar

No comments:

Post a Comment