Friday, September 9, 2016

TERIMA KASIH, MAMA





"Based on true story!! Sejak kecil, Sotaro menderita penyakit yang belum ada obatnya hingga harus melewatkan hampir seluruh waktunya di ranjang rumah sakit. Sebuah harapan baru muncul di tengah keputusasaan. Ditemani oleh Yuko, mamanya yang amat menyayanginya, Sotaro kemudian terbang ke Amerika untuk menjalani operasi transplantasi multi organ secara serentak. Inilah kisah perjuangan hidup Sotaro Kakumu dan Yuko Kakumu yang menginspirasi kehidupan banyak orang!!"

Komik oneshot ini merupakan kaya komikus Jepang, Mito Orihara dengan mengangkat cerita berdasarkan kisah nyata dari perjuangan seorang ibu bernama Yuko Kakumu dalam upaya menyembuhkan penyakit Sotaro Kakumu, anaknya. Cerita diawali pada tanggal 22 Januari 2008 di kantor pemerintahan Prefektur Aichi. Yuko Kakumu berbicara dihadapan wartawan dan orang banyak untuk meminta bantuan agar Sotaro Kakumu bisa menjalani pengobatan operasi transplantasi secara serentak di Amerika. Cerita pun kembali ke tahun 1999 saat Sotaro baru dilahirkan. Sotaro kerap kali muntah dan susah BAB yang membuatnya harus berulang kali diopname di RS untuk menjalani pemeriksaan. Kondisi Sotaro membuat hubungan antara Yuko bersama suaminya menjadi renggang. Akhirnya Yuko memutuskan untuk membesarkan Sotaro sebagai orangtua tunggal dan tinggal di kediaman orangtuanya.


Hirschsprung, nama penyakit yang diderita Sotaro. Penyakit sistem pencernaan di mana usus tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya dan penyakit ini masih belum ditemukan cara pengobatan efektifnya. Yuko masih menyimpan harapan kemungkinan penyakitnya akan membaik seiring dengan pertumbuhan Sotaro. Tetapi harapan itu kandas karena kondisi Sotaro yang terus memburuk. Saat berusia 1 tahun 9 bulan, Sotaro harus menjalani operasi pemasangan kateter untuk menyuplai nutrisi langsung melalui pembuluh darah vena pusat. Sejak saat itu Sotaro mulai menghabiskan hidup di rumah sakit.



Sotaro Chan dalam foto
Cerita komik ini sangat menghibur sekaligus mengharu-birukan pembaca. Sangat terharu melihat perjuangan Yuko dan Sotaro dalam menghadapi penyakit langka sampai-sampai saya dibuat meleleh habis-habisan. Anak sekecil itu sudah mendapat cobaan penyakit yang teramat berat. Sotaro tidak bisa makan melalui mulut jadi Sotaro hanya bisa membayangkan rasa makanan tanpa pernah mencicipinya. Perjuangan Yuko dan Sotaro tidak sia-sia karena telah menginspirasi banyak orang untuk tidak mudah menyerah dan bangkit dari keterpurukan.


Nilai = 9.5/10
Pengarang  = Mito Orihara
Gambar = Mito Orihara
Jumlah Buku = 1 (tamat)
Penerbit = M&C
Tahun terbit di Indonesia = 2012
Judul Asli = Mama, Arigatou
Jenis = Drama, Slice of Life
DQ Review Komik


Contoh Gambar
 

3 comments: