Thursday, September 15, 2016

SHADE





"Hyonki, seorang remaja yang tidak tahu kalau selama ini dirinya memiliki kekuatan Shade. Tanpa sadar, Hyonki membunuh temannya dengan kekuatan tersebut. Untuk memecahkan misteri tentang kekuatan yang dimilikinya, Hyonki memutuskan untuk bergabung dengan SCHUL yang merupakan organisasi khusus Shade."

Komik 3 jilid ini merupakan karya komikus Korea, kolaborasi antara Ahn Noh-Eun pada gambar dan CATTY pada cerita. Bercerita tentang Hyonki, siswa SMA yang memiliki keanehan pada dirinya sendiri yaitu tidak punya bayangan. Dalam perjalanan ke sekolah, tidak sengaja Hyonki bertemu dengan Soi, siswi manis yang ternyata seniornya di sekolah. Soi mendapat kabar dari ibu guru tentang Sojung, adiknya yang dipukuli hingga pingsan. Merasa Soi telah mengetahui rahasianya, Hyonki diam-diam menguntit Soi. Di tempat yang sepi, Hyonki melihat Soi membunuh salah satu pelajar yang telah membully Sojung. Namun kehadirannya diketahui oleh Soi dan Soi pun berniat untuk membunuhnya juga. Hyonki tidak berdaya menghadapi serangan bertubi-tubi dari Shade milik Soi hingga membuatnya hilang kesadaran. Tanpa bisa mengingat apa yang terjadi, Hyonki berubah menjadi sosok yang tangguh. Shade milik Soi dimusnahkannya bahkan Soi pun tewas di tangannya.

Komik ini memiliki cerita yang tidak menarik, membingungkan dan bikin pusing kepala. Dari jilid pertama sudah mulai tanda-tanda mengarah ke sana. Jilid ke dua ada sedikit harapan. Ada sedikit peningkatan karena kelucuan dari Ryong, Shade milik Hyonki. Masuk ke jilid 3 bubar semua. Puncak dari petarungan antara pemilik kekuatan Shade dari organisasi SCHUL melawan organisasi Orcos yang tidak bisa dimengerti apa maksud tujuannya. Sebenarnya ada penjelasan tapi penjelasan yang suka-sukanya pengarang. Karakter yang tidak jelas. Karakter yang ternyata kloningan. Lawan dan kawan yang tidak jelas. Sebentar lawan lalu menjadi kawan. Ending yang sangat menggantung.
'Makanya, kita harus menjaga rumah kita dengan baik. Dengan begitu kak Suwa akan merasa senang kalau pulang nanti.'
Ending kok gitu? Padahal dalam ceritanya kak Suwa ini karakter cewek mesum yang tidak penting tapi tiba-tiba muncul di akhir cerita tapi langsung tewas dibunuh. Kak Suwa ternyata kloningan dari seseorang dan entah kenapa walau sudah dibunuh tiba-tiba kak Suwa bisa mengendalikan tubuh orang lain. Lalu kak Suwa bisa masuk ke dalam pikiran orang lain. Kemudian nasib kak Suwa pun tidak ada kabarnya. Suka-suka si pengarang saja lah.

Nilai = 5.5/10
Pengarang  = CATTY
Gambar = Ahn Noh-Eun
Jumlah Buku = 3 (tamat)
Penerbit = Elex Media
Tahun terbit di Indonesia = 2011
Jenis = Action, Ecchi, Supernatural
DQ Review Komik


Contoh Gambar

2 comments:

  1. Sistem penilaiannya gimana bang..kok nilai 5,5/10 dikonversi ke bintang cuma dapat 0,5/5 aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf membingungkan sistem penilaiannya.. sebenarnya dulu bikin nilai 0-10 itu karena saya nggak tega kasih nilai jelek terutama di bawah 5.. tapi berdasarkan masukan dari teman2 kalau pakai nilai 0-10 itu nggak kelihatan mana yg bagus dan jeleknya disarankan pakai nilai 0-5.. akhirya saya pakai dua2nya saja.. enaknya sih lihat nilai 0-5 (versi bintang) biar kelihatan jelek dan bagusnya..

      Delete