Tuesday, August 5, 2014

SHAKESPEARE - ROMEO & JULIET





"Dalam sebuah pesta, Romeo jatuh cinta pada Juliet. Sayangnya, kisah cinta mereka tidak berjalan lancar karena berasal dari dua klan yang bermusuhan. Romeo berasal dari keluarga Montague, sementara Juliet adalah seorang Capulet. Di tengah pertikaian Montague-Capulet, cinta Romeo dan Juliet terus bersemi. Dalam pernikahan rahasia, mereka pun bersatu. Namun dendam dan kebencian kedua keluarga terlalu kuat. Balas dendam dan duel pedang pun tak terelakkan. Sampai sebuah tragedi menunggu Romeo & Juliet di akhir perjalanan kisah cinta sejati mereka."

Komik ini merupakan salah satu series dari Manga Pintar Shakespeare yang bertujuan untuk mengajak mengenal karya Shakespeare dengan mudah dan asyik. Kisah klasik percintaan Romeo dan Juliet sangat terkenal dan kisahnya sudah diangkat ke buku dan layar lebar dalam berbagai versi. Saya sendiri sudah mengenal juga kisah Romeo & Juliet ini tapi tidak pernah membaca buku atau menonton filmnya. Tahunya cuma endingnya saja ketika cinta mereka kandas dan keduanya mati tragis, itu saja. Tapi dengan hadirnya Romeo & Juliet versi  komik ini saya dapat kesempatan untuk mengerti kisah mereka dari awal sampai akhir.
Bercerita tentang perseteruan 2 keluarga yang berkedudukan tinggi di kota Verona, Italia yaitu keluarga Montague dan Capulet. Jika mereka saling bertemu maka akan terjadi keributan. Suatu hari Romeo nekat mendatangi pesta dansa di kediaman keluarga Capulet. Disana Romeo terpaku melihat kecantikan seorang gadis bernama Juliet. Keduanya saling berkenalan dan jatuh cinta pada pandangan pertama. Tapi begitu mengetahui jika Juliet adalah seorang Capulet, Romeo merasa dirinya dalam masalah besar. Demikian juga dengan Juliet yang tidak menyangka telah mencintai pemuda yang berasal dari keluarga yang dibenci. Keduanya mencoba terus melanjutkan hubungan secara rahasia namun masalah besar terjadi ketika Romeo terlibat keributan dengan Tybalt dan perjodohan paksa Juliet untuk segera menikah dengan pemuda bernama Paris.
Sama seperti Manga Pintar Shakespeare yang sudah saya baca sebelumnya. Jalan ceritanya enak untuk diikuti dan di dalamnya bertaburan kata-kata puitis terutama tentang cinta. Contohnya seperti ini rayuan Romeo terhadap Juliet "Aku terbang melewati dinding dengan sayap cinta. Dinding batu tak bisa menahan cinta. Apapun bisa dilakukan oleh lelaki kasmaran, cinta akan membuatnya bisa melakukan apapun. Maka keluargamu bukanlah halangan." Bagi yang jomblo kata-kata tersebut bisa dikutip untuk dijadikan bahan rayuan.

Nilai = 8.5/10
Pengarang  = Adam Sexton, William Shakespeare
Gambar = Yali Lin
Jumlah Buku = 1 (tamat)
Penerbit = Gramedia Pustaka Utama
Tahun terbit di Indonesia = 2009
Judul Asli = Shakespeare's Romeo & Juliet: The Manga Edition
Jumlah Halaman = 186
Jenis = Drama
DQ Review Komik


Contoh Gambar

No comments:

Post a Comment