Saturday, August 30, 2014

MONKEY BUSINESS





"Apa sih Monkey Business itu? Artinya lumayan banyak, tapi di komik ini lebih ke dalam arti sifat-sifat manusia yang mirip dengan monyet. Nakal, suka mencampuri urusan orang lain, semau-maunya, galau, dan iseng. Sifat-sifat itu memang ada juga pada kita sebagai manusia, mari kita nikmati cerita yang dibuat oleh para seniman komik Indonesia ini."

"24 Hour Comics atau membuat 24 halaman komik dalam waktu 24 jam nonstop, digagas oleh Scott McCloud pada awal 1990-an. Sejak itu, sampai awal 2000-an, makin banyak komikus yang tertantang dalam menyelesaikan 24 halaman komik dalam waktu 24 jam, hingga tantangan ini menjadi semacam fenomena. Komik ini pun merupakan hasil dari event 24 Hour Comics day 2011."

Komik ini merupakan kompilasi dari beberapa komikus lokal kita. Jangan terkecoh dengan sinopsis yang ada di belakang komik karena tidak mencerminkan dengan isi komiknya. Saya memasang ekspetasi rendah membaca komik ini karena sering menemukan komik kompilasi yang isinya tidak maksimal, cerita yang asal jadi, cerita yang tidak jelas (absurd). Ternyata komik ini tidak luput dari sindrom tersebut.
Dari beberapa cerita yang ada dalam komik ini yang bisa saya nikmati NoUs - Kababonken, Xenopet - Rizky Arrydesta, Monkey Business - M. Yusuf Riantho. Sisanya seperti Five Fingers Discount - Okky Tri Baskara memiliki cerita yang bisa dirunut tapi gambar-gambar yang ada terlalu banyak yang diulang-ulang membuat kesan monoton dan datar. Kemudian Postcard - Rizki Goni feat Samrat Sharma memiliki cerita persahabatan dengan akhir yang aneh. Para Perayu - Dodi Rosadi memiliki gambar yang unik tapi ceritanya absurd. Sedangkan yang terakhir Kera Angkasa - Galang Tirtakusuma memiliki cerita yang terkesan suka-suka asal jadi.

Nilai = 7/10
Pengarang  = Kababonken, Rizky Arrydesta, M. Yusuf Riantho, Okky Tri Baskara, Rizki Goni feat Samrat Sharma, Dodi Rosadi, Galang Tirtakusuma
Gambar = Kababonken, Rizky Arrydesta, M. Yusuf Riantho, Okky Tri Baskara, Rizki Goni feat Samrat Sharma, Dodi Rosadi, Galang Tirtakusuma
Jumlah Buku = 1 (tamat)
Penerbit = DAR!
Tahun terbit di Indonesia = 2011
Jenis = Slice of Life
DQ Review Komik


Contoh Gambar

No comments:

Post a Comment