Tuesday, August 12, 2014

PANGERAN DIPONEGORO INVASI PERBATASAN BANTUL SELATAN





"Pangeran Diponegoro adalah Pahlawan Nasional yang sangat tersohor namanya. dalam sepak terjangnya kali ini pada tanggal 1 Agustus 1826, Pangeran Diponegoro melaksanakan penyerbuan ke pos perbatasan Belanda di wilayah Bantul Selatan untuk membuka jalur ke wilayah lereng Gunung Merapi. Namun dalam peristiwa tersebut muncul musuh baru yang tangguh. Bagaimana kelanjutan dari kisah perjuangannya?"

Komik oneshot ini merupakan karya komikus lokal kita. Bercerita tentang Pangeran Diponegoro, Pahlawan Nasional yang memerangi Belanda di pulau Jawa tahun 1800-an. Di awal cerita diperlihatkan munculnya sosok lawan baru yaitu Letnan Kolonel Norris de Royce. Dengan berbekal dana 5 juta Gulden, Norris menyewa pendekar-pendekar tangguh dari luar negeri untuk menghadapi pasukan Pangeran Diponegoro.
Sepertinya cerita bakal seru tapi ternyata tidak demikian. Setelah selesai membaca komik ini saya merasa kecewa karena akhir dari cerita komik ini jauh dari kata tuntas. Apa yang diperlihatkan di awal tidak ada kelanjutan bahkan tidak ada penampakannya lagi sampai cerita selesai. Tidak jelas bagaimana nasib Letnan Kolonel Norris beserta pendekar-pendekar yang disewanya begitu juga nasib pasukan Pangeran Diponegoro. Semua yang diceritakan di awal menjadi sia-sia belaka. Entah karena komikusnya merasa sudah cukup atau bosan atau sudah tidak berniat lagi meneruskan, komik ini langsung ditutup dengan narasi singkat tentang Pangeran Diponegoro di akhir perjuangannya.

Nilai = 6/10
Pengarang  = Hardian Reza W.
Gambar = Hardian Reza W.
Jumlah Buku = 1 (tamat)
Penerbit = Gramedia Pustaka Utama
Tahun terbit di Indonesia = 2011
Jumlah Halaman = 74
Jenis = Historical
DQ Review Komik


Contoh Gambar

3 comments:

  1. maunya dibuat historical fiction ala komik jepang gitu ya, padahal niatnya udah bagus kenapa gak diterusin ya :((

    ReplyDelete
    Replies
    1. entah sis, padahal di awal kelihatannya bakal seru dgn hadirnya pendekar2 luar negeri tapi putus ditengah jalan..

      Delete
    2. kemungkinana besar akan di remake, soal nya waktu mau meneruskan project tersebut manager sya terkena blacklist sehubungan project lain yg ber ending buruk dari illustrator selain saya, waktu itu juga terjadi pergantian rollover mutasi di pihak inside gramedia mka nya problems over problems ... saya sebagai pengarang hanya bisa tertunduk menerima keputusan yg pegang kuasa. mohon maaf jika mngecewakan

      Hardian.R

      Delete