Thursday, August 28, 2014

GE GE GE KITARO - DONGENG SERIBU HANTU





"Ada hantu di belakang sekolah! Ia selalu memaksa minta uang pada anak-anak, tentu saja dengan cara yang sangat menakutkan. Anak-anak yang ketakutan itu segera menulis surat ke Pos Hantu milik Kitaro, hantu terkuat yang mereka kenal. Dan Kitaro segera datang mengatasinya, tapi bagaimana caranya, ya?'

Bagi para penggemar anime mungkin nama Gegege Kitaro sudah tidak asing lagi. Animenya pernah rutin disiarkan di salah satu tv swasta. Lagu soundtracknya pun unik 'ge ge gegege no ge' yang kalau lama kelamaan didengar terasa seperti lagu cuci otak. Diqi, anak saya pun senang menonton animenya kala diputar di Space Toon.
Kitaro dan para sahabat
Cerita dalam komik ini sangat menghibur terutama untuk anak-anak. Hantu-hantu disini diangkat dari cerita hantu tradisional Jepang. Penggambaran hantunya tidaklah seram tetapi lebih komikal dan lucu. Selain mengalahkan hantu-hantu jahat dari Jepang, bagian seru lainnya dari komik ini adalah ketika hantu-hantu Jepang bersatu untuk mengalahkan serangan hantu barat seperti Drakula, Frankestein, Penyihir, Gorgon dan Mummy. Kemudian ada juga perlombaan mobil balap antara para hantu sedunia yang berjalan seru ketika para hantu menggunakan kekuatannya untuk menjadi juara.
Tokoh utama komik ini adalah Kitaro, bocah hantu dengan ciri khas berambut panjang sebelah yang menutupi mata kirinya. Kitaro adalah pahlawan keadilan yang bertugas membereskan kasus kejahatan yang ditimbulkan oleh para hantu jahat. Anak-anak yang diganggu segera mengirim surat melalui Pos Hantu, kotak pos yang hanya bisa dilihat oleh anak-anak saja. Kitaro memiliki kemampuan spesial yang bisa dia gunakan untuk melawan hantu-hantu jahat. Seperti antena rambut untuk mendeteksi hantu jahat, sendal yang bisa dikendalikan, rambut yang bisa melontarkan banyak jarum, rompi pelindung dan serangan listrik.
Dalam melakukan tugasnya mengalahkan hantu, Kitaro dibantu oleh
- Ayah Bola Mata
Ayah Kitaro yang hanya berbetuk bola mata. Tahu segala sesuatu tentang hantu dan punya hobi berendam
- Laki-Laki Tikus
Lahir di antara manusia dan hantu. Demi uang, bisa mengkhianati temannya.
- Nurikabe
Hantu dinding yang bisa mengembalikan serangan macam apa pun.
- Gadis Kucing
Idola dunia hantu dan menyukai Kitaro. Pada saat bertempur, wajahnya menakutkan.
- Nenek Pasir
Keberadaannya sudah seperti ibu Kitaro. Bisa mengguncangkan lawanya dengan serangan pasir.
- Kakek Konaki
Bisa mengeluarkan suara tangisan bayi. Jika memeluk musuh, akan menjadi batu dan tidak bisa dilepaskan.
- Kain Kapas
Hantu kain, panjangnya kira-kira 10 meter. Bisa terbang di langit dengan kecepatan super sambil membawa Kitaro.
Perlu diketahui komik yang terbit di Indonesia ini bukanlah versi awal dari Gegege Kitaro melainkan versi spin-off dari komik aslinya. Terbit hanya sampai 6 jilid saja. Di bagian akhir buku masih ada tulisan bersambung tetapi ketika di cek di internet di MangaUpdates komik ini dinyatakan tamat dalam 6 jilid..

Nilai = 8.5/10
Pengarang  = Shigeru Mizuki
Gambar = Ryuichi Hoshino
Jumlah Buku = 6 (tamat)
Penerbit = Elex Media
Tahun terbit di Indonesia = 2008- 2009
Judul Asli = Ge Ge Ge no Kitaro Youkaisen Monogatari
Jenis = Horror, Supernatural
DQ Review Komik


Contoh Gambar

6 comments: