Friday, August 29, 2014

MERDEKA DI BUKIT SELARONG





"Ketika Dani dan teman sekelompok tugas sekolah mengunjungi Tugu Proklamasi, mereka terkejut melihat kondisi tugu yang memprihatinkan. Suara hati Dani yang kecewa atas keadaan ini didengar oleh salah satu roh yang bersemayam di dalam tugu dan membawa mereka ke dunia buatan berisi perjuangan para pahlawan nasional. Mereka terjebak di sana dan harus ikut berjuang melawan penjajah agar para pahlawan memberikan benda pusaka mereka. Benda pusaka ini memiliki kekuatan untuk bisa mengembalikan anak-anak tersebut ke dunia nyata."

"Fun & Thriling" - Oyasujio (Cergamis)
"Sebuah ide brilian... sebagai materi penunjang di dunia pendidikan" - Chris Lie (komikus internasional)

Komik ini merupakan karya komikus lokal kita. Bercerita tentang sekelompok remaja SMA yang terdiri dari Dani, Dina, Rosi, Windri dan Aji. Mereka tergabung untuk membuat makalah kelompok dengan mengambil tema Perjuangan Pahlawan. Sepulang sekolah mereka berangkat menuju Tugu Proklamasi untuk melakukan survei. Tugu Proklamasi yang didatangi ternyata dalam kondisi tidak terawat. Menjadi tempat bermain anak-anak, tempat istirahat pedagang, tempat ngobrol-ngobrol, tugunya pun dijadikan tempat corat coret. Keadaan itu membuat Dani marah-marah tidak terima. Tiba-tiba dari salah satu patung mengeluarkan cahaya yang begitu terang dan membawa mereka ke dalam sebuah ruang dimensi. Spirit, sosok yang membawa mereka ke sana dan bersedia membantu Dani cs melihat perjuangan para pahlawan. Dani cs dibawa ke dunia buatan Spirit di masa perjuangan Pangeran Diponegoro. Dunia yang belum sempurna karena gangguan Dani cs kepada Spirit yang tengah berkonsentrasi membuatnya.

Dani dan sahabat
Di luar ekspetasi saya, komik ini bisa memberikan cerita yang seru, lucu dan menghibur. Sekolompok remaja terdampar dalam dunia buatan di masa perang antara Pangeran Diponegoro melawan Belanda. Mereka tidak bisa kembali sebelum menerima benda pusaka dari Pangeran Diponegoro. Untuk itu mereka harus melakukan sesuatu agar Pangeran Diponegoro percaya kepada mereka dan ikhlas memberikan benda pusakanya. Tokoh-tokoh remaja di dalamnya memiliki sifat yang unik dan lucu salah satunya si Aji yang begitu tergila-gila dengan Tokusatsu dan mengajak mereka semua menjadi pahlawan seperti Mas Rayder. Untuk gambar dalam komik ini cukup bagus dan unik terutama ketika masuk ke dalam dunia buatan, semua object di dalamnya digambarkan dalam bentuk cebol (chibi) mengingatkan seperti dalam dunia video game.

Nilai = 8.5/10
Pengarang  = Ockto Baringbing
Gambar = Bagus Seta, Miftah Bayu
Jumlah Buku = 1 (tamat)
Penerbit = M&C (Koloni)
Tahun terbit di Indonesia = 2010
Jumlah Halaman = 192
Jenis = Adventure, Historical
DQ Review Komik


Contoh Gambar

No comments:

Post a Comment