Sunday, August 3, 2014

SAINS DAN TRIK SULAP MELAYANG





"Sang pesulap menggerakkan lengan, mengucap mantra, dan membuat orang yang berbaring di depannya melayang. Seolah melawan hukum alam, trik sulap levitasi membuat benda atau orang melayang di udara tanpa ada yang terlihat mengangkat atau menarik. Bagaimana caranya? Apakah benar ada kekuatan gaib yang bisa melawan gravitasi? Ataukah ada rahasia di baliknya? Temukan jawabannya dalam buku ini."

Salah satu sulap yang sering dipertunjukkan adalah sulap melayang. Di mana sang pesulap berakting membaca mantra menidurkan orang yang berbaring di depannya dan perlahan mengangkat tubuh tersebut tanpa terlihat menggunakan alat apapun. Untuk menambah keyakinan penonton, sang pesulap menceritakan jika kekuatan yang digunakannya didapat setelah menjelajah negeri India yang penuh dengan sihir. Untuk memastikan tidak ada trik yang digunakan seperti kawat, sang pesulap menggunakan gelang yang bisa dilewatkan melalui tubuh tersebut. Jadi bagaimana cara sebenarnya yang dilakukan pesulap untuk membuat tubuh seseorang melayang. Apakah karena kekuatan Jin / makhluk gaib? Tidak, bukan karena itu tapi karena ilmu pengetahuan.
Dalam komik ini dijelaskan tidak diketahui siapa sebenarnya penemu trik sulap melayang yang pertama. Tapi yang dicatat sejarah, pesulap yang pertama kali berhasil melakukannya dengan baik adalah John Nevil Maskelyne, pesulap Inggris menjelang tahun 1900-an. Selama bertahun-tahun penonton memenuhi pertunjukannya. Namun hal yang paling berat baginya adalah mencegah pesaing mencuri rahasia pertunjukan sulap melayang. Pesaing yang berhasil meniru trik sulap melayangnya adalah Harry Kellar, pesulap dari Amerika. Berulang kali Kellar menonton pertunjukkan dan memperhatikan dengan seksama hingga berhasil menirunya.
Penasaran ingin tahu trik sulap melayang? Jawabannya ada dalam komik ini dimana sambil membaca bisa sekaligus menambah ilmu pengetahuan. Hal-hal yang bisa mengelabui mata penonton ternyata bisa dilakukan dengan cara yang sebenarnya sederhana dan bisa dijelaskan melalui ilmu pengetahuan.

Nilai = 8/10
Pengarang  = Jim Ottaviani
Gambar = Janine Johnston
Jumlah Buku = 1 (tamat)
Penerbit = KPG
Tahun terbit di Indonesia = 2011
Judul Asli = Levitation: Physics and Psychology in the Service of Deception
Jumlah Halaman = 72
Jenis = Science
DQ Review Komik


Contoh Gambar

2 comments:

  1. Wah bagus ni beli diman buku komik Bang Sueb (The King of Comics Reviewer) ini...jadi pengen..mau2..mau bangett..LOL..

    ReplyDelete
    Replies
    1. belinya sudah nggak ingat dimana.. biasanya sih saya berburu komik jenis ini di event2 promo Gramedia atau ketika lagi bazaar

      Delete