Monday, August 4, 2014

SHAKESPEARE - JULIUS CAESAR





"Siapakah tokoh dari Roma yang paling terkemuka di dunia? Julius Caesar jawabannya. Bukan hanya terkenal sebagai pemimpin yang dihormati, dia juga seorang orator, penulis, ahli matematika, sejarawan, dan penakluk hebat yang berhasil memperluas wilayah Roma pada masanya."

"Namun kebesaran Caesar pula yang memunculkan intrik dan pengkhianatan kepadanya. Ahli nujum telah memperingatkan Caesar untuk berhati-hati terhadap para politikus yang haus kekuasaan. Tanggal 15 Maret kemudian menjadi tanggal bersejarah ketika sesuatu terjadi dan mengubah peta politik Roma."

"Nikmati Julius Caesar karya Shakespeare yang dikemas dalam edisi manga yang sarat aksi ini. Sebuah cara baru mengenal dan menikmati karya Shakespeare dengan mudah serta menyenangkan."

Komik ini merupakan salah satu series dari Manga Pintar Shakespeare. Tujuannya untuk mengenal karya Shakespeare dengan mudah dan asyik. Memangnya selama ini susah ya? Saya sendiri baru satu kali membaca karya Shakespeare itu pun dalam bentuk komik yaitu King Lear. Kesamaan yang saya dapati dari karya-karya Shakespeare adalah cerita tragedinya. Cerita yang berakhir dengan tragis dan kesedihan. Pantas jika karya-karya Shakespeare sering dibawakan dalam panggung-panggung sandiwara.
Membaca komik ini bersiaplah menemui kata-kata puitis yang bertaburan. Seperti "Suatu kejahatan yang begitu besar teman-teman sebangsaku! Lalu aku, kamu, dan kita semua jatuh, sementara pengkhianatan berdarah berjaya atas kita. Wahai orang-orang baik, apa yang kalian tangisi bila melihat jubah Caesar yang terkoyak-koyak?". Itulah sedikit contoh kata-kata puitis yang ada dalam komik ini.
Cerita komik Julius Caesar ini berpusat kepada peristiwa pengkhianatan. Karena rasa iri dan menganggap Julius Caesar sebagai diktator, Casius mengajak Brutus untuk membuat konspirasi menghabisi Julius Caesar. Ada juga politikus-politikus lain yang berhasil dipengaruhi Casius untuk turut serta. Tanggal 15 Maret, Julius Caesar tewas di tangan orang-orang terdekatnya. Saat pemakaman, Mark Antony, pengikut setia Julius Caesar berhasil membakar amarah rakyat Roma dengan pidatonya. Brutus, Casius melarikan diri dari Roma dan diburu sebagai pengkhianat. Mereka yang terlibat pembunuhan satu persatu dihantui oleh dendam Julius Caesar dan mengalami nasib yang tragis.

Nilai = 8.5/10
Pengarang  = Adam Sexton, William Shakespeare
Gambar = Hyeondo Park
Jumlah Buku = 1 (tamat)
Penerbit = Gramedia Pustaka Utama
Tahun terbit di Indonesia = 2009
Judul Asli = Shakespeare's Julius Caesar: The Manga Edition
Jumlah Halaman = 182
Jenis = Drama, Historical
DQ Review Komik


Contoh Gambar

No comments:

Post a Comment