Wednesday, March 30, 2016

BISTRO PAS MAL CASE FILE





"Selamat datang di Bistro Pass Mal. sebuah restoran masakan Perancis di tengah kota. Meskipun penampakannya tidaklah mewah, bistro mungil ini akan membuatmu nyaman sambil menikmati hidangan-hidangan karya Chef Mifune yang reputasinya tak kalah dengan masakan restoran kelas atas. Bistro Pas Mal bukanlah restoran biasa sebab di sana banyak terdapat kasus misterius yang berhubungan dengan kuliner yang terpecahkan oleh Chef Mifune yang pendiam. Namun, mungkin Chef Mifune sendirilah yang menjadi misteri terbesar Bistro Pas Mal..."

"Selamat datang di Bistro Pas Mal, sebuah restoran Perancis di tengah kota! Pas Mal merupakan restoran mungil dengan 4 orang staf, 7 buah tempat duduk di counter, dan 5 buah meja biasa. Namun, tempat ini tak pernah sepi pengunjung berkat masakan Chef Mifune yang terkenal! Tapi, Pas Mal tersohor bukan hanya karena masakannya. Begitu mulai mengobrol dengan para pengunjung, Chef Mifune yang biasanya pendiam dan tidak ramah, bisa dengan cepat memecahkan misteri atau teka-teki yang aneh. Itulah bakat terpendam yang dimiliki Chef Mifune. Misalnya trik yang ada di dalam Tarte Tatin dan Galette Des Rois, juga perasaan yang terkandung di dalam Cassoulet dan Chocolate. Sebenarnya seperti apa sih, pekerjaan seorang Chef itu?"

Suasana di Bistro Pas Mal
Komik ini bercerita tentang peristiwa-peristiwa yang terjadi di Bistro Pas Mal. Restoran kecil masakan Perancis yang terdiri dari 4 pekerja. Mereka adalah Shinobu Mifune, Chef (koki kepala), pendiam, tidak ramah dan tidak sabaran. Berwawasan luas, dan memiliki kemampuan yang hebat dalam bidang kuliner. Semasa mudanya pernah studi kuliner di Perancis. Yoji Shimura, Sous Chef (wakil koki kepala). Koki berkemampuan hebat yang pernah bekerja di hotel, dan restoran kelas atas. Selalu tampil ramah, namun begitu marah. Yuki Kaneko, Sommelier (petugas wine). Peminum kelas berat yang punya kebiasaan buruk kalau mabuk. Penyuka gosip tentang percintaan. Sering terlibat obrolan mengenai hal tersebut bersama para pengunjung wanita. Tomoyuki Takatsuki, staf yang baru bekerja sebagai Garcon (petugas penerima tamu). Pemuda ramah yang sedikit ceroboh. Sering kena marah Chef Mifune.

Salah satu halaman resep
Komik ini memiliki tema kuliner namun memiliki nilai tambah dengan memasukkan unsur investigasi di dalamnya. Tidak seperti komik detektif lain seperti Conan dan Kindaichi yang berisikan banyak kasus berat seperti pembunuhan, kasus dalam komik ini ringan dan tetap berhubungan dengan kuliner. Mifune, koki kepala, adalah orang yang memiliki kemampuan menganalisa hanya dengan memperhatikan tingkah laku pengunjung, jenis makanan, jenis minuman dan bentuk makanan untuk mendapatkan kesimpulan tentang apa yang terjadi. Contoh kasus keracunan bakteri Salmonella yang menimpa pak Nishida yang disebabkan oleh makanan yang dicampur dengan parutan cangkang telur. Misteri hilangnya Feve (boneka keramik kecil) dalam kue Galette Des Rois. Mereka yang kedapatan bermasalah akan dibuatkan minuman Vin Chaud (hot wine) oleh Mifune, minuman untuk tubuh dan jiwa yang letih agar mereka bisa tenang. Selain berisikan kasus-kasus kuliner yang menarik, komik ini juga memberikan informasi-informasi yang berharga yang berhubungan dengan kuliner Perancis. Informasi tersebut ada dalam segmen 'Kursus Kilat' yang diberikan oleh Mifune, Shimura, Kaneko dan Takatsuki. Pembaca akan diberi tahu apa arti dari kata Bistro, Brasserie, Auberge lalu tentang tugas dan pakaian yang dikenakan Chef, Sous Chef, Garcon dan Sommelier. Menariknya lagi makanan dan minuman Perancis yang disajikan di komik ini ada halaman resep dan cara pembuatannya. Pembaca bisa mencobanya di rumah.

Shimura & Mifune
Kaneko & Takatsuki
Nilai = 9.5/10
Pengarang  = Fumie Kondo
Gambar = Yumiko Harao
Jumlah Buku = 2 (tamat)
Penerbit = Elex Media
Tahun terbit di Indonesia = 2014
Judul Asli = Bistro Pas Mal no Jikenbo
Jenis = Cooking, Mystery
DQ Review Komik


Contoh Gambar

No comments:

Post a Comment