Monday, March 7, 2016

HIGH JUMP!





"'Siswa SMA Ushi sudah sewajarnya bisa melompat.' Sudah lama ada anggapan seperti itu karena nyaris semua siswa SMA Ushi gemar melakukan Rooftop Diving, meloncat dari atap gedung ke atap gedung sebelah. Hanya satu siswa yang tidak bisa melakukannya, yaitu Haruki Umeda yang takut ketinggian. Berulang kali ia mencoba, namun selalu urung melompat di detik terakhir. Sampai suatu hari datang Yojiro Ozaki, guru baru yang ingin menghidupkan lagi tim lompat SMA Ushi. Berhasilkah Ozaki membuat Umeda mengatasi Acrophobia-nya?"

Komik oneshot ini bercerita tentang Haruki Umeda, 16 tahun, siswa SMA yang terobsesi untuk melakukan lompatan tinggi. Walau sudah berulang kali meyakinkan diri bahwa jarak lompatan Rooftop Diving gedung sekolah adalah pendek namun Umeda tetap urung melakukannya. Teman-temannya beranggapan mustahil jika Umeda bisa melompat karena Umeda memiliki fobia akut takut akan ketinggian (Acrophobia). Sementara itu Yojiro Ozaki, memutuskan untuk bekerja sebagai guru matematika di SMA Ushi sembari berkeinginan membangkitkan tim lompat SMA Ushi. Dia berharap bisa menemukan seseorang seperti Ao Kazami, sahabatnya yang juga atlit jenius di dunia lompat namun telah tiada 12 tahun yang lalu. Saat duduk-duduk di atap sekolah, Ozaki memperhatikan tingkah laku Umeda yang berusaha meyakinkan diri bahwa dia bisa melompat. Namun tetap saja Umeda kembali urung melakukannya. Ozaki mendatangi Umeda dan mengatakan jika Umeda hanya omong besar saja. Orang seperti Umeda hanya membuatnya muak. Perkataan Ozaki menggugah perasaan Umeda untuk mencoba melompat lagi. Dan kali ini Umeda berhasil melompat. Umeda sangat kegirangan namun dianggap hal yang biasa saja oleh Ozaki karena menurut Ozaki, anak didiknya bisa melompat lebih dari 100 meter di udara. Ozaki kemudian memperlihatkan peralatan ski yang dianggapnya sebagai sayap yang bisa membuat terbang. Kata-kata sayap membuat Umeda tertarik untuk mencoba olahraga Ski Jumping.

Komik oneshot ini memiliki ketebalan yang lebih daripada komik biasanya. Ceritanya lumayan menghibur dengan mengambil tema yang masih jarang yaitu olahraga Ski Jumping. Setelah berhasil melompat antara gedung sekolah, Ozaki, guru baru matematika memperkenalkan Umeda cara melompat lebih tinggi lagi yaitu dengan cara olahraga Ski Jumping. Umeda seketika langsung tertarik untuk menekuni olah raga Ski Jumping namun olahraga ini tidak mudah karena memerlukan teknik khusus dan keberanian yang lebih. Walau berulang kali mengalami kegagalan, Umeda pantang menyerah apalagi setelah dia bertemu dengan Tomoshi Hidaka, siswa satu sekolah yang memiliki prestasi dalam olahraga Ski Jumping dan tidak sengaja telah meremehkannya.

Nilai = 8.5/10
Pengarang  = Chuya Koyama
Gambar = Chuya Koyama
Jumlah Buku = 1 (tamat)
Penerbit = M&C
Tahun terbit di Indonesia = 2014
Judul Asli = Harujan
Jenis = Sports
DQ Review Komik


Contoh Gambar

No comments:

Post a Comment